Cerutu Gayo Tarik Minat Perusahaan Multinational

Takengon – Keberadaan cerutu produksi pengusaha tembakau lokal dari Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Mountain Cigar mampu menarik perhatian perusahaan cerutu multinasional PT Montenegro Cigar Indonesia (MCI) untuk bekerjasama produksi dan pemasaran cerutu Gayo.

Kedatangan utusan perusahaan Montenegro Cigar yang berpusat di California tersebut diwakili Lina Andrawijaya selaku Representatif Manager Montenegro Group Indonesia didampingi staf Legal Advisor beserta Entrepreneur Consultant perusahaan tersebut, diterima langsung oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Selasa (12/1).

Dalam kesempatan itu Bupati Shabela mengatakan Pemkab Aceh Tengah menyambut baik adanya pihak-pihak yang tertarik menanamkan modalnya atau menjalin kerjasama dengan perusahaan atau pelaku industri di Kabupaten Aceh Tengah.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat pro investasi bahkan memberikan banyak kemudahan terutama di bidang perizinan. Silakan masuk dan berinvestasi disini, kami akan memberikan kemudahan perizinan dan menggratiskan biaya-biaya perizinannya, apalagi bila terkait dengan optimalisasi komoditi atau produk unggulan daerah seperti kopi, pinus dan tembakau dan sebagainya, kami akan memberikan perhatian yang lebih serius,” katanya Selasa (12/1).

Bupati Shabela meyakini adanya investasi atau kerjasama di bidang pengolahan tembakau akan mampu mengangkat citra tembakau gayo dan juga adopsi teknologi dalam pengolahan tembakau khususnya menjadi Cigar atau di Indonesia populer dengan sebutan cerutu. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah)