Pemkot Madiun Dorong Petani Penuhi Kebutuhan Dalam Kota

Madiun - Wali Kota Madiun Maidi terus mendorong petani untuk dapat menyediakan kebutuhan masyarakat dalam kota. Terutama, komoditas tertentu yang mendukung daya tarik wisatawan terhadap Kota Madiun.

‘’Kita menjadi Kota Pecel. Tapi, bahan kebutuhan untuk membuat pecel, seperti cabai, kacang, dan sayuran didatangkan dari luar daerah. Seharusnya kita bisa menyediakan sendiri,’’ tutur wali kota saat menghadiri rapat pemilihan struktur organisasi koperasi tani di rumah dinas wali kota, Jumat (15/1).

Pada kesempatan itu, wali kota mengajak petani untuk bisa mengambil peluang pasar. Apalagi, daerah persawahan di Kota Madiun tidak besar. Tentu akan sulit menyaingi daerah lainnya jika hanya terfokus pada tanaman padi saja.

Lebih lanjut, wali kota menuturkan bahwa Pemkot Madiun terus berupaya membantu kesejahteraan petani. Mulai dari menyediakan lahan untuk ditanam, subsidi pupuk, hingga pendampingan dari OPD terkait.

‘’Saya harap, intervensi berbasis lokal ini bisa berjalan. Kalau petani bisa memenuhi kebutuhan dalam kota, maka ketahanan pangan kita akan kuat,’’ jelasnya.

Terkait keberadaan koperasi, wali kota memberikan dukungan atas hal itu. Wali kota juga berharap agar koperasi bisa menjadi sarana bagi petani di Kota Madiun untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari proses tanam hingga pemasaran. Serta, membantu meningkatkan kesejahteraan mereka agar semakin baik.

Tak hanya memberikan arahan, pada kegiatan tersebut wali kota juga membagikan bingkisan berupa gula dan ketela. Paket penambah imun ini diharapkan bisa bermanfaat bagi para penerima. (Dhevit/irs/diskominfo)