Cari Pendonor Plasma, PMI Kota Kediri Wawancarai 50-an Penyintas COVID-19

Kediri - Kebih dari 50 orang penyintas COVID-19 di Kota Kediri, Jawa Timur, mengikuti  wawancara di PMI setempat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen sejak September 2020. Sampai Januari 2021, baru satu penyintas yang memenuhi syarat menjadi pendonor plasma konvalesen.

Hal tersebut disampaikan Ira Widyastuti, Kepala Unit Tranfusi Darah PMI Kota Kediri. Ia mengatakan, untuk mencari pendonor plasma konvalesen memang tidak mudah. Tidak semua penyintas bisa menyumbangkan plasma darahnya.

“Pun kalau sudah memenuhi syarat, pendonor juga harus suka rela, bukan paksaan. Jadi kalau masih ragu-ragu, kami pun tidak boleh memaksa,” kata Ira.

Selain kerelaan, kriteria yang harus dipenuhi antara lain penyintas pernah didiagnosis sebagai pasien dengan hasil positif pada pemeriksaan RT-PCR COVID-19 dan sudah dinyatakan sembuh dengan menunjukkan hasil negatif RT-PCR COVID-19.

“Donor plasma dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan setelah negatif dan tanpa gejala. Nah, ada beberapa penyintas yang memenuhi syarat lain-lain, tapi ternyata sembuhnya sudah lebih dari 6 bulan jadi tidak memenuhi syarat,” tambah Ira.

Selain sudah dinyatakan sembuh, penyintas tidak memiliki penyakit penyerta misalnya jantung, diabetes, hipertensi, dan tidak menerima transfusi darah.

Dalam hal usia, untuk laki-laki usia 18-60 tahun dan untuk perempuan belum pernah hamil dengan berat badan minimal 55kg, tekanan darah sistole 90-160mmHg-diastole 60-100 mmHg . Diutamakan yang sebelumnya pernah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.

Bila sudah memenuhi syarat-syarat tersebut di atas, pendonor juga mengisi Formulir Informed Consent untuk donor plasma konvalesen. Selanjutnya, pelaksanaan pengambilan darah dengan metode aferesis dilaksanakan setelah hasil seleksi dinyatakan memenuhi persyaratan.

“Sejauh ini dari seleksi yang kami lakukan sejak September 2020, kami mewancarai lebih dari 50 orang penyintas yang bersedia datang ke PMI Kota Kediri, baru satu orang yang memenuhi semua kriteria. Kini beliau masih mempertimbangkan mau ikut donor atau tidak,” terang Ira.

Bagi yang berminat untuk berpartisipasi menjadi pendonor plasma konvalesen, seleksi dilaksanakan di Unit Donor Darah PMI Kota Kediri pada hari Senin-Sabtu, pukul 08.00-17.00 WIB.