Sekda Muara Enim Gelar Rapat Persiapan Satgas Penanganan Harimau

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah yang diwakili Sekretaris Daerah Muara Enim Hasanudin memimpin rapat persiapan pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Manusia dan Satwa Liar (Harimau), di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda, Kamis (2/1).

Sekda menegaskan kepada semua pihak yang tergabung dalam satgas harus peduli dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas serta selalu berkoordinasi dengan satu arahan dalam mengatur strategi untuk menangani konflik manusia dan harimau.

"Harapannya kita bisa menangkap harimau ini guna untuk memberikan keamanan dan ketenangan serta kepercayaan diri masyarakat dalam beraktifitas.

Sekda juga meminta kepada semua pihak, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim untuk meningkatkan kesigapannya karena bukan hanya untuk mengantisipasi teror harimau, tetapi membantu mem-backup bencana alam lainnya, karena sekarang sudah memasuki musim penghujan yang berakibat banjir dan rawan longsor.

Sementara itu, Kadin Lingkungan Hidup Muara Enim Kurmin menjelaskan, untuk mengatasi konflik manusia vs harimau, saat ini ada sekitar 106 orang terdiri dari 52 orang (Tim Satgas Kabupaten Muara Enim) dan 54 orang dari BKSDA nanti akan di bagi menjadi dua tim dan masing-masing tim akan ngepos di Semende dan Bedegung, kemudian untuk kendaraan operasional sudah kita siapkan 2 unit, intinya kita sudah siapkan semua.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Kades Semende dan Forum Masyarakat Semende bahwa dirinya siap membantu terkait informasi-informasi mengenai konflik manusia vs harimau ataupun membantu dalam hal lainnya.