Kades Pertama di Indonesia Disuntik Vaksin COVID-19 dari Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya - Kepala Desa (Kades) Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Musa Abdul Hamid merupakan satu diantara 17 orang di kabupaten tersebut yang menerima suntikan vaksin pertama pada pelaksanaan pencanangan vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari 2021 lalu.

Musa mengatakan meski pada tahap pertama pelaksanaan vaksin ini diprioritaskan tenaga kesehatan (nakes), TNI dan Polri, namun dirinya memanfaatkan kesempatan ini menjadi momentum bagi dirinya untuk memberikan teladan bagi warganya untuk membuktikan vaksin Covid-19 ini aman dan halal.

"Bagi saya mengapa Bupati menjadikan Kades sebagai sasaran pertama penerima suntikan vaksin Covid-19 ini, karena Kades merupakan orang yang lebih dekat dengan warganya. Sehingga kita mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga kita terkait manfaat dan aman serta halalnya vaksin ini," katanya.

Selain dirinya, Kepala Desa Kalibandung Kecamatan Sungai Raya Sanhaji juga mendapatkan suntikan pertama pada pencanangan vaksinasi Covid-19 pada 14 Januari lalu.

Dijelaskan, selama lima hari pasca di suntik vaksin Covid-19, dirinya merasa tidak mengalami dampak apapun, bahkan sampai hari ini dirinya masih mampu memberikan pelayanan bagi masyarakat yang datang ke kantor desa.

Terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai apa yang dilakukan Kades Parit Baru Musa Abdul Hamid dan Kades Sanhaji menjadi yang pertama di vaksin Covid-19 ini untuk mempercepat langkah-langkah efektif komunikasinya dan pesan itu lebih mudah tersampaikan dari contoh dan teladan.

"Model sosialisasi di Kubu Raya dengan Pokja Penguatan dan Edukasi Program Vaksinasi Covid-19 yang telah kita bentuk beberapa waktu lalu itu, Pemda Kubu Raya melibatkan langsung organisasi keagamaan seperti MUI, Kemenang, Aisyiah, Muslimat dan organisasi budaya serta semua etnis yang ada di Kubu Raya seperti, Madura, Dayak, Melayu, Bugis, Jawa dan Tionghua. Termasuk juga kepala desa," ujarnya.