Silaturahmi IKTDP Palembang, Bupati Tanah Datar Paparkan Pembangunan Daerah

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menghadiri silaturahmi dengan Ikatan Keluarga Tanah Datar dan Padang Panjang (IKTDP) Palembang di Balai Basamo IKTDP Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/1).

"Di awal pemerintahan, saya bersama Wabup Zuldafri Darma menyikapi potensi dan kondisi di Tanah Datar, kami menampung masukan dan pemikiran-pemikiran untuk membangun dari berbagai pihak termasuk dari perantau yang dituangkan ke dalam RPJMD. Saat ini akan memasuki tahun keempat, sudah tepat kiranya kami melaporkan kepada perantau apa-apa yang sudah dilaksanakan," terang bupati.

Bupati Irdiansyah menjelaskan bahwa untuk mewujudkan visi Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai ABS-SBK, pemerintah daerah menetapkan 5 program prioritas yaitu peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan pariwisata, peningkatan infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik.

"Mengingat keterbatasan keuangan daerah, selain melahirkan inovasi-inovasi, pemerintah daerah harus menjemput bola ke provinsi dan pusat mencari peluang-peluang pembiayaan pembangunan, dan alhamdulillah kita mendapat perhatian untuk membenahi infrastruktur yang dimiliki seperti rehabilitasi Puskesmas, Pasar Nagari, Pasar Batusangkar, RSUD M. Ali Hanafiah dan masih banyak yang lainnya," ulas bupati.

Di bidang non fisik, Irdiansyah mengatakan, pemerintah daerah mengedepankan pembangunan SDM salah satunya melalui pemerataan kualitas pelayanan pendidikan dan menggalakkan program kabupaten tahfiz.   

"Alhamdulillah apa yang sudah dilaksanakan dihargai pemerintah pusat dan provinsi dengan memberi penghargaan di berbagai bidang dan yang paling fenomenal, Tanah Datar dinobatkan sebagai kabupaten terbaik di Indonesia dalam pembangunan dengan penilaian tidak semata dokumen perencanaan tetapi perbaikan indikator-indikator pembangunan," ucapnya.

Selain itu sebut bupati, buah pembinaan program tahfiz yang didukung penuh masyarakat, mengantarkan Tanah Datar untuk pertama kalinya dalam sejarah menjadi juara umum MTQ Nasional Tingkat Sumatera Barat.   

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi dukungan perantau dalam membangunan kampung halaman, semoga sinergitas ini terus dipertahankan dan yang sudah dijalankan tentunya belum tentu sempurna, masih banyak PR yang dikerjakan, tentunya butuh proses mengatasinya dan butuh dukungan bersama," harap bupati.

Sementara Ketua IKTDP Palembang Jhon Hendry menyambut baik silaturahmi ini untuk menguatkan sinergi pemerintah daerah dan rantau.

"Di Sumsel, kita punya seluruh perwakilan IKM kabupaten/kota se-Sumatera Barat dan Insya Allah kami kompak semua termasuk warga Tanah Datar yang banyak berhasil dan punya kontribusi besar di Palembang," terangnya.