UMKM Kota Kediri Terima Bantuan CSR Bank Jatim

Kediri - Puluhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Kediri menerima bantuan corporate sosial responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan dari Bank Jatim.

“Alhamdulillah, bersyukur hari ini kita mendapatkan bantuan CSR dari Bank Jatim untuk para pelaku UMKM di Kota Kediri," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri Bambang Priambodo, Rabu (20/1).

Bambang menjelaskan bahwa total ada 57 pelaku UMKM yang telah terdaftar di Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri dan berkesempatan untuk mendapatkan bantuan CSR ini.

“Ada 57 UMKM yang kali berkesempatan untuk mendapatkan bantuan fasilitasi melalui CSR Bank Jatim ini," jelasnya.

Ia menjelaskan, para penerima telah diverifikasi oleh Pemkot Kediri melalui Dinkop-UMTK dan Bank Jatim cabang Kediri sejak bulan November 2020 lalu, sebagai uji kelayakan fasilitasi program. Hingga kemudian didapati ada 57 UMKM yang bergerak dibidang makanan, minuman dan kerajinan yang telah lolos uji dan berkesempatan untuk mendapatkan bantuan CSR dari Bank Jatim.

Menurutnya, program ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan sumber daya yang ada dan mensinergikan fungsi-fungsi dari berbagai pihak yang didasarkan, saling membantu, saling mendukung dan saling sinergi agar pengembangan usaha mikro di Kota Kediri dapat dilakukan secara efektif, efisien dan terkoordinasi serta untuk mendorong penciptaan dan pengembangan kegiatan ekonomi secara bersama-sama.

“Hal ini sebagai upaya fasilitasi untuk meningkatkan karya kreatif usaha mikro di masyarakat melalui sinergi pemberdayaan usaha mikro," terangnya.

Dalam program CSR ini, diharapkan para pelaku usaha mikro dapat mengambil manfaat dan berdaya saing di kancah lokal, regional, bahkan nasional.

“Dengan demikian dapat meningkatkan ketahanan ekonomi para pelaku usaha agar berkontribusi pada upaya pemeliharaan stabilitas sistem keuangan di Kota Kediri," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Risiko Bisnis Bank Jatim Pusat Rizyana Mirda berharap bantuan CSR ini dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kota Kediri.

“Saya berharap melalui CSR ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kota kediri, apalagi ditengah pandemi COVID-19 yang sedang kita hadapi saat ini," ungkapnya.