Bupati Barut Siap Bantu Pemkab HST Pulihkan Jalan Pascabanjir

Barabai - Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah mengatakan, Pemkab Barut berkomitmen membantu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memulihkan akses jalan ke Desa Alat, Kecamatan Hantakan, pascabencana banjir dan longsor.

Bupati Nadalsyah yang terjun langsung memantau pekerjaan pemulihan jalan oleh Dinas PUPR, berpesan untuk tetap memperhatolan keselamatan, keamanan serta terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Ia menjelaskan akan tetap membantu Pemkab HST dalam memulihkan akses jalan.

"Selain bantuan logistik, kita juga akan terus men-support Pemkab HST dan kecamatan setempat dalam recovery akses jalan melalui alat dan petugas kita di lapangan, karena meskipun bantuan banyak datang namun akses jalan tidak terbuka akan susah menjangkau masyarakat di pelosok," Ucap Nadalsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Barut M. Iman Topik menjelaskan bahwa sejak Senin (18/1), pihaknya dengan sebuah eskavator telah berhasil membuka daerah yang terisolasi akibat longsor di Desa Alat.

"Saat ini sesuai petunjuk Bapak Bupati Nadalsyah, kami berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam membuka jalan kembali yang tertutup akibat pasca banjir yakni Kampung Arangani dan Desa mangkiling yang mana penduduk disana maupun relawan dalam mendapatkan dan menyalurkan bantuan harus bejalan kaki melewati lumpur, batang pohon yang tumbang," ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih dengan adanya bantuan alat dari Pemkab Barut yanh membantu pihaknya dalam memulihkan akses jalan untuk pendistribusian bantuan dikarenakan dari 9 kecamatan di HST yang terdampak banjir, 3 diantaranya mengalami dampak yang terparah bahkan di Kalsel salah satunya Kecamatan Hantakan ini.

"Oleh karena itu alat yang diperbantukan oleh Pemkab Barut ini sangat meringankan beban kami yang saat ini sangat kekurangan alat untuk evakuasi maupun pemulihan akses jalan," ucap Berry.