E-sport Berkembang Pesat di Natuna

Natuna - E-sport atau olahraga elektronik menjadi industri yang sangat populer dan berkembang dengan pesat di Indonesia. Bahkan E-sport sudah diakui keberadaanya secara resmi salah satunya seperti diadakan Piala Presiden dan kini ada Piala Menpora E-sport.

Begitupula untuk Kabupaten Natuna. Keberadaan Esport di Natuna telah diresmikan melalui pelantikan ESI (Esport Indonesia) Natuna yang dilantik oleh Bupati Natuna pada 27 Oktober lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian ESI Natuna, Syam Gusti dalam program acara NBK (Ngobrol Bareng Kominfo) yang diselenggarakan oleh Diskominfo Natuna Rabu (20/1).

Menurut Syam, perkembangan esport saat ini sangat pesat. Esport juga merupakan bidang yang sangat menjanjikan bagi masyarakat khususnya kaum milenial.

Karena di esport, para player tidak hanya main game. Atau game bukan hanya berfungsi sebagai media rekreasi atau hiburan namun juga bisa menjadi wadah untuk meraih prestasi, bahkan puing puing penghasilan dan juga dapat mengharumkan nama daerah jika mengikuti ajang Nasional bahkan Internasional.

“Kami ESI Natuna menjadi wadah bagi player player Natuna untuk menunjukkan bakat mereka. Kami melihat sebagian besar player atau tim yang tergabung dalam beberapa komunitas gamers di Natuna mereka memiliki bakat yang tinggal diasah, disini fungsi ESI untuk membina atlet tersebut” kata Syam.

Selain meraih prestasi sebagai proplayer, atlet esport dapat mengembangkan karir lain contohnya menjadi youtubers, influenser, bahkan konten kreator. Tentunya itu semua dapat menambah puing penghasilan atlet esport selain mengharumkan nama daerahnya.

Saat ini pengurus ESI Natuna berjumlah 20 orang yang diketuai oleh Yosi Yunanda. Misi ESI adalah mengembangkan minat bakat milenial untuk menjadi atlet e-sport mewakili daerah nantinya.