Bupati Sigi Bahas Rencana Pembangunan PLTA Salo Pebatua 2

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan menggelar pertemuan dengan PT Lentera Damar Amerta melalui video conference terkait rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Salo Pebatua 2 di Sungai Lariang, Kecamatan Pipikoro, dan Kulawi Selatan, Selasa (19/1).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Komisaris PT Lentera Damar Amerta bersama tim, yang memaparkan gambaran garis besar rencana pembangunan tersebut.

Komisaris PT Lentera Damar Amerta, Herman  menyebutkan bahwa pihaknya melihat potensi debit air yang besar, yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat, khususnya di sekitar lokasi sungai Lariang.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan bahwa pemerintah daerah mendukung penuh rencana pembangunan PLTA karena untuk kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk memajukan Kabupaten Sigi.

Meski begitu, Irwan memberikan sejumlah catatan bahwa pembangunan yang dilakukan harus sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan itu, Irwan juga menyampaikan sejumlah masukan dari masyarakat dan LSM/organisasi terkait dengan pembangunan tersebut, di antaranya agar warga sekitar dapat dilibatkan dalam proses pembangunan nantinya serta bagaimana mekanisme jika ada relokasi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan nantinya.

Terkait dengan hal tersebut, Herman, menyampaikan bahwa pembangunan akan dilakukan sejalan dengan konsep pembangunan ramah lingkungan, dengan melibatkan masyarakat setempat.

Sementara itu, terkait relokasi pihaknya akan melakukan peninjauan dan tindaklanjut apabila nantinya ada masyarakat yang harus direlokasi.