Bupati Sigi Pimpin Rakor Pengerjaan Penanganan Sungai di Desa Salua

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan memimpin langsung rapat koordinasi pengerjaan penanganan sungai di Desa Salua Kecamatan Kulawi, Rabu (20/1).

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan bahwa penanganan sungai di wilayah Kabupaten Sigi, khususnya di Desa Salua yang sering mengakibatkan banjir merupakan wewenang pusat, pemerintah daerah bertindak untuk mengkordinasikan setiap permasalahan yang terjadi kepada untuk mendapatkan solusi.

"Permasalahan penanganan sungai di Desa Salua perlu perlu kerjasama antara pemerintah pusat, pemda dan aparat terkait, khususnya masyarakat Desa Salua," ujarnya.

Irwan berharap dalam penanganan permasalahan ini masyarakat Desa Salua khususnya para pemilik lahan yang ada di bantaran sungai dapat memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat kedepannya.

Dari pertemuan tersebut diperoleh keputusan bersama antara Pemerintah Kabupaten Sigi dan masyarakat Desa Salua, khususnya pemilik lahan bahwa pembangunan Sabo Dam akan tetap berjalan sesuai target yang ditentukan dan masyarakat pemilik lahan bersedia lahannya digunakan untuk pembangunan.

Sementara itu untuk mengalihkan kegiatan perekonomian para pemilik lahan, Pemerintah Kabupaten Sigi akan memberikan bantuan kepada pemilik lahan melaui program-program lainnya yang sesuai dengan keinginan para pemilik lahan.

Hadir pula pada pertemuan tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Perwakilan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu, SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Air WS Palu Lariang, WS Parigi Poso, WS Kaluku Karama Provinsi Sulteng, PPK Sungai dan Pantai I BWS Sulawesi III, Kadis PUPR, Kadis PMD, Kabag Hukum, Kabag ADPUM Kabupaten Sigi, Camat Kulawi, Babon Kamtibmas, Babinsa, Kepala Desa bersama Aparat dan Masyarakat Desa Salua.