Wali Kota Madiun Ikuti Pra Musnas Apeksi VI

Madiun – Penanganan COVID-19 tidak luput menjadi perhatian Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Hal itu terlihat saat Pra Musyawarah Nasional (Munas) VI tahun 2021 yang diikuti Wali Kota Madiun Maidi secara virtual, Senin (25/1).

Berlangsung secara video conference, Pra Munas Apeksi mengusung tema Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan dan Paska Pandemi COVID-19.

Berbagai hal mengemuka dalam rapat tersebut di antaranya, penyusunan program kerja Apeks 2021-2025, rekomendasi, hingga evaluasi dan mengesahkan pertanggungjawaban Dewan Pengurus Periode 2016-2020. Selain itu, juga mengemuka peran strategis Apeksi untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam penanganan dan paska pandemi serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam penanganan dan paska pandemi tersebut.

‘’Ya, intinya ini pra musyarawah nasional Apeksi. Perhatian kita masih terkait COVID-19. Artinya, kalau semakin banyak yang berfikir, semakin banyak masukan agar penanganan bisa lebih maksimal,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Wali kota menyebut penanganan COVID-19 untuk daerah berbentuk kota memang berbeda. Sebab, wilayah kota sering kali menjadi daerah tujuan, menjadi pusat perekonomian dari beberapa daerah sekitar, artinya, banyak warga luar daerah yang masuk. Seperti halnya di Kota Madiun.

‘’Dengan bertemu kepala daerah wilayah kota seperti ini, kita bisa saling bertukar informasi dan pengalaman dalam menangangi COVID-19. Ini penting untuk penanganan COVID-19 di Madiun," pungkasnya.