Plt Bupati Muara Enim Luncurkan Aplikasi "Karang Rajaku"

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah, meluncurkan aplikasi pelayanan publik berbasis Android "Karang Rajaku" yang merupakan branding application Desa Karang Raja, di Kantor Kepala Desa Karang Raja, Rabu (8/1).

Turut mendampingi Bupati Juarsah, unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para kepala OPD, manager PKBL PT Bukit Asam, dan kades Karang Raja.

"Pemanfaatan teknologi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat adalah salah satu langkah maju yang harus dikembangkan oleh setiap desa yang ada di Kabupaten Muara Enim," tegas Juarsah.

Juarsah menambahkan, dengan semakin meningkatnya dana desa yang diterima, dirinya berharap agar mampu dimanfaatkan sepenuhnya oleh desa dalam mendorong kemajuan dan kemandirian, serta kesejahteraan.

"Selamat dan terima kasih kepada Pemerintah Desa Karang Raja yang secara inovatif mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan prima. Semoga aplikasi ini dapat berjalan dan bermafaat bagi kemajuan Desa Karang Raja dan Pemerintahan Kabupaten Muara Enim," ujarnya.

Sementara itu, Kades Karang Raja, Novianty menjelaskan bahwa aplikasi ini tediri dari dua versi, yaitu situs web dan perangkat Android melalui smartphone.

Melalui aplikasi ini, Novianty berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan publik secara daring (online) tanpa harus datang langsung ke kantor kades.

Ia mencontohkan untuk layanan administrasi kependudukan, seperti permohonan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte kelahiran, surat pengantar SKCK, surat pengantar domisili dan lain sebagainya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Lebih dalam Novianty menjelaskan, masyarakat atau pemohon hanya diminta registrasi, kemudian mengisi formulir yang tersedia di dalam aplikasi, lalu mengunggah dokumen yang diminta. Setelah dikirim, data akan diproses oleh perangkat desa dan kemudian surat atau dokumen yang telah selesai akan dikirim melalui email si pemohon.

Tidak hanya itu, Novianty menambahkan, masyarakat luas juga dapat mengakses berita maupun informasi terbaru mengenai program pembangunan di Desa Karang Raja.