Pengurus UPZ Kecamatan se-Tanah Datar 2021-2025 Dikukuhkan

Batusangkar - Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar periode 2021-2025 resmi dikukuhkan oleh Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) setempat Yasmansyah di aula Kantor Bupati, Pagaruyung, Batusangkar, Selasa (26/1).

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dalam kesempatan itu mengapresiasi kinerja Baznas Tanah Datar selama ini, seiring perkembangannya tentu diperlukan peningkatan kinerja secara inovatif.

“Selama ini, Baznas Tanah Datar terus berupaya mengoptimalkan zakat dari muzaki, yang disalurkan kepada mustahik. Ini sangat kita apresiasi. Di samping itu, inovasi perlu dikembangkan sehingga manfaat zakat ini, semakin dirasakan masyarakat,” ujar Suhermen.

Sementara Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah dalam sambutannya mengatakan pengukuhan ini diharapkan dapat mewujudkan program kerja yang lebih baik dari sebelumnya, pengukuhan itu juga merupakan titik awal dalam upaya bersama guna mengevaluasi berbagai program kerja yang telah tercapai dan akan dicapai di masa depan.

“Kita mengharapkan sinergitas terus dibangun baik BAZ kabupaten, BAZ kecamatan dan pengurus UPZ, sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam mengajak masyarakat di luar PNS untuk memberikan zakat ke Baznas Tanah Datar, sebagaimana yang diketahui saat ini, bahwa lebih dari 90 persen zakat terkumpul berasal dari PNS di Luhak Nan Tuo,” ujar Yasmansyah.

Yasmansyah mengharapkan semua pihak bekerja keras untuk mencapai target di 2021, dibandingkan pada tahun 2020, target mencapai sebesar Rp10.685.646.920 angka itu lebih rendah dari angka yang ditargetkan pada itahun ini.

“Tahun 2021, beberapa program akan dikerjakan secara bersama, yakni program Baznas Tanggap Bencana (BTP),  program bantuan beasiswa masuk perguruan tinggi negeri, dan program Layanan Aktif Baznas (LAB). Inilah beberapa program dari sekian banyak program Baznas Tanah Datar yang nantinya harus disukseskan,” ujar Yasmansyah.

Tak hanya itu, Kepala Kemenag Tanah Datar diwakili Kasi Bimas Islam H. Ali Nardius mendukung segala program kerja Baznas Tanah Datar sesuai dengan peraturan yang berlaku, “Di kesempatan ini juga kita ucapkan selamat bagi pengurus UPZ yang baru dikukuhkan, mari bersama mengoptimalkan dan mensukseskan program Baznas Tanah Datar,” ujar Ali Nardius.

Selain itu juga dilaksanakan sosialisasi peran UPZ dalam pengelolaan zakat dengan pemateri Meri Muliadi dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir Wakil Ketua I Syafrijal Khatib Bungsu, Wakil Ketua II Warnelis Watman, Kabag Kesra Setda Tanah Datar Afrizon, camat dan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Tanah Datar.