Pemkab Tanah Datar Terima Vaksin COVID-19

Tanah Datar - Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen menerima sebanyak 3.000 dosis vaksin Sinovac untuk penanganan Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yang disimpan di gudang farmasi, Dinas Kesehatan Tanah Datar, Kamis (28/1).

“Vaksin Sinovac tiba di Tanah Datar tanpa ada kendala yang berarti, sementara disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan sebelum didistribusikan, selama di tempat penyimpanan, ada petugas siap siaga 24 jam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis mengungkapkan vaksin disimpan suhu ruangan dari 2-8 derjat celsius guna menjaga kualitas dan efektifitasnya.

Untuk jumlah vaksin yang diterima puskesmas masing-masing bervariasi, dalam pendistribusikan vaksin ini, akan dilakukan secara bertahap, tahap pertama akan diterima oleh tenaga kesehatan dalam waktu dekat.

“Vaksin sinovac ini, akan mulai didistribusikan secepatnya ke puskesmas se- Tanah Datar dan RSUD MA Hanafiah Batusangkar. Tahap pertama yang akan menerima vaksin  tenaga kesehatan sebanyak 1.475 orang,” ujar Yesrita.

Selanjutnya, empat tahapan perencanaan pemberian vaksin, yakni tahapan pertama tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang dan mahasiswa profesi kedokteran.

Tahapan kedua, pemberian vaksin dicanangkan ke petugas publik, seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi, Aparat Hukum dan lainnya.  Tahapan ketiga, diperuntukan bagi masyarakat rentan dari aspek geopasial, sosial dan ekonomi.

Tahapan keempat, diperuntukan bagi  masyarakat pelaku perekonomian dengan pendekatan dan ketersedian vaksin. Semua tahapan terlaksana dimulai dari bulan Januari sampai Maret di tahun ini. (KominfoTD)