Sekda Pringsewu Beri Arahan Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Pagelaran

Pringsewu - Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi memberikan pengarahan kepada Kepala Pekon se-Kecamatan Pagelaran Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 di Aula Kecamatan Pagelaran, Jumat (29/1).

Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi pada kesempatan tersebut memberikan arahan terkait pengelolaan dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan. Tidak hanya itu, beliau juga meminta kepada camat dan para kepala Pekon Pagelaran agar memperhatikan hal-hal terkait holistik integratif, olahraga, lingkungan dan juga kesehatan.

"Holistik integratif menurut Heri merupakan kewajiban untuk mendukung dan mendorong pengembangan anak usia dini, dari segi kesehatan, gizi dan pendidikan secara menyeluruh terpadu, untuk menyelamatkan anak-anak dari kesulitan pada tahun-tahun berikutnya," ujarnya.

Terkait olahraga, Heri berharap kepada para jajaran Kecamatan Pagelaran dan juga Dispora Kabupaten Pringsewu agar mendukung anak-anak yang mempunyai kelebihan dibidang olahraga apapun.

Berikutnya terkait kebersihan, ia meminta agar pada jalan lingkungan dan rumah warga untuk menjaga kebersihan supaya terhindar dari penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit lainnya, serta membangun drainase agar terhindar dari terjadinya banjir.

"Sistem keamanan lingkungan juga harus diperhatikan, supaya lingkungan terhindar dari segala tindak kejahatan," tambahnya.

Terkait pengelolaan anggaran dana desa, pihaknya mengatakan bahwa secepatnya diharap kepada para jajaran Kecamatan Pagelaran agar dana desa dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dan juga harus berdasarkan aturan-aturan yang berlaku, agar tidak terjadi temuan yang akan berimbas kepada seluruh jajaran Kecamatan Pagelaran.

Pada perencanaan dana pekon, Heri juga berharap dapat menganggarkan program kesenian dan kebudayaan yang ada di Pagelaran dengan aturan yang ada.

"Diharapkan juga kepada para pendamping turut mendampingi, agar pengelolaan dana desa/ pekon dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku, tujuannya supaya dapat dipertanggungjawabkan dan semua menjadi lebih baik," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Malian Ayub, Kepala BPKAD Arif Nugroho, Sekretaris Inspektorat Yanuar Haryanto, Sekertaris Dinas PMP Sugianto, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Christianto Hariadinata Sani, Camat Pagelaran Bahrudin, serta kepala dan perangkat Pekon se-Kecamatan Pagelaran dan para tenaga ahli pendamping Pekon.