Diskominfo Ngawi Dukung Pembentukan Desa Digital

Ngawi - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi menggelar rapat koordinasi pencanangan desa digital untuk meningkatkan pelayanan masyarakat sekaligus kenalkan potensi di Kecamatan Sine, Selasa (2/2).

Hadir dalam rakor ini Kadiskominfo Ngawi Prasetyo Harri Adi, Camat Sine Suharno beserta 15 perwakilan desa.

Camat Sine Suharno mengungkapkan bahwa dirinya memiliki gagasan tentang desa pintar atau desa digital sebagai sarana untuk mengenalkan potensi desa.

"Selai itu sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Sine," katanya.

Menurut Suharno, ide ini muncul karena banyak keluhan dari masyarakat karena terbatasnya akses internet untuk memperoleh informasi di beberapa wilayah di Sine.

"Mengingat letak geografis Kecamatan Sine di lereng gunung, makanya kita mengundang Diskominfo sebagai fasilitator sekaligus OPD yang membidangi teknologi dan jaringan," terangnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Ngawi Prasetyo Harri Adi menyampaikan dukungan terhadap pembentukan desa digital untuk peningkatan potensi wilayah serta ekonomi masyarakat.

"Pada prinsipnya kita akan terus mendorong serta mendukung gagasan dan inovasi maju seperti ini. Dan, tentunya nanti kita akan berkoordinasi dulu dengan bidang terkait mengenai akses jaringan, sehingga nantinya bisa masuk sampai kepelosok desa," jelasnya.

Ia juga berharap gagasan ini dapat terwujud dan berjalan dengan baik, sehingga mampu menjadi contoh wilayah lainnya.

"Melalui internet potensi desa terangkat, perekonomian masyarakat meningkat, sehingga semakin memajukan Kabupaten Ngawi," tuturnya.