Bupati Irwan Jadi yang Pertama Divaksin COVID-19 di Sigi

Sigi - Pemerintah Kabupaten Sigi melaksanakan Pencanangan Vaksinasi COVID-19 bertempat di kantor bupati, Rabu (3/2) yang ditandai dengan pemberian vaksin Sinovac pertama kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan oleh dr Putu Fery Immanuel White.

Selanjutnya vaksin COVID-19 diberikan kepada beberapa pejabat daerah dan sejumlah tokoh, di antaranya Kapolres Sigi, Ketua Pengadilan Negeri Donggala, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Rektor Universitas Tadulako, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sigi, Komandan Bala Keselamatan Divisi Palu Timur, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Sigi.

Pemberian vaksin diawali dengan registrasi penerima vaksin melalui aplikasi Primary Care (P-Care) BPJS Kesehatan yang berfungsi sebagai media entry dan rekap proses pemberian vaksin. Selanjutnya sebelum divaksin, penerima vaksin melakukan skrining amnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk mengetahui kondisi penerima apakah sesuai dengan kriteria penerima vaksin yang telah ditentukan berdasarkan kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional dan Strategic Advisory Group of Experts on Immunization of the World Health Organization (SAGE WHO).

Setelah menerima vaksin, penerima diberikan kartu vaksinasi dan penanda, untuk selanjutnya akan menerima vaksin tahap dua yang dilaksanakan 14 hari setelah vaksinasi pertama.

Bupati Mohamad Irwan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan dan para pejabat/tokoh yang telah turut serta dalam pencanangan vaksinasi di Kabupaten Sigi.

Irwan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dan ikhtiar besar bangsa Indonesia untuk melindungi seluruh masyarakat dari penularan COVID-19.

Ia berharap proses tahapan vaksinasi berikutnya yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Sigi dapat berjalan dengan baik.

Setelah pencanangan ini, vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap dimulai dari tenaga kesehatan di seluruh wilayah Kabupaten Sigi.