Bupati Agam Kagumi Potensi Wisata Aceh Tengah

Takengon - Bupati Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengunjungi Kabupaten Aceh Tengah pada Jumat (5/2).

Kunjungan bupati Agam beserta rombongan ini diterima oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar didampingi beberapa pejabat di lingkungan pemkab setempat di lokasi destinasi wisata Danau Laut Tawar, Takengon.

Dalam pertemuan silaturahmi yang berlangsung santai dan penuh keakraban itu, kedua kepala daerah tersebut saling bertukar informasi dan pengalaman memimpin daerah masing-masing, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19. Berbagai masukan dan informasi seputar perkembangan penanggulangan COVID-19, penanganan dampak ekonomi masyarakat selama pandemi dan progres pembangunan di kedua kabupaten itu tak luput dari pembicaraan kedua bupati ini.

Shabela pada kesempatan itu memaparkan kekayaan alam daerahnya yang banyak memiliki tempat destinasi wisata alam, salah satunya Danau Laut Tawar yang sudah sangat dikenal oleh para wisatawan dalam negeri maupun manca negara.

Shabela juga menyampaikan upaya pihaknya untuk terus menjaga kelestarian danau kebanggaan masyarakat kabupaten Aceh Tengah tersebut.

Bupati Shabela juga memberikan informasi dan masukan mengenai pemanfaatan Danau Lut Tawar baik bagi sektor pariwisata maupun sektor lain, dengan tetap memperhatikan kelestariannya sebagai daya tarik utama Kabupaten Aceh Tengah.

Shabela juga memaparkan potensi pertanian dan perkebunan di daerahnya seperti komoditi kopi arabika Gayo dan tembakau yang saat ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Dia juga menyampaikan, Aceh Tengah juga meiliki potensi pengembangan komoditi hortikultura yang sangat beragam.

Dalam kesempatan tersebut, Shabela juga memberika napresiasi kepada bupati Agam yang sudah berkenan mengunjungi daerahnya dan berharap kunjungan ini akan berlanjut dengan berbagai kerjasama di masa yang akan datang.

"Kami atas nama seluruh warga kabupaten Aceh Tengah mengucapkan selamat datang kepada pak Bupati Agam yang telah berkenan hadir mengunjungi daerah kami, tentu ini sebuah kehormatan bagi kami, semoga silaturahmi ini dapat terus berlanjut untuk masa-masa yang akan datang," ungkap Shabela.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengatakan wilayah Agam dengan Aceh Tengah banyak memiliki kemiripan dari segi agroklimat maupun potensi sumber daya alamnya, dengan demikian kedua daerah bisa saling bertukar pengalaman untuk kemajuan daerahnya masing-masing.

"Kami merasa sangat terharu dan berterima kasih atas sambutan hangan bapak bupati beserta jajaran, kami juga sangat kagum pada keelokan alam di daerah ini. Kami sangat berharap suatu saat nanti Pak Bupati juga berkenan melakukan kunjungan balasan ke daerah kami. Semoga kedepanya hubungan kerjasama kedua daerah ini semakin baik dan terus terjaga," ujarnya.