BPN Pandeglang Gelar Penyuluhan PTSL

Pandeglang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pandeglang menggelar penyuluhan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021 bertempat di Gedung PGRI Cilaja Pandeglang, Banten, Jumat (5/2).

Dalam kesempatan penyuluhan tersebut, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pandeglang Suraji mengatakan penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada para Kepala Desa dan Masyarakat tentang proses sertifikasi tanah melalui program PTSL yang dicanangkan Pemerintah,“ kata Suraji.

Lebih lanjut Ia mengatakan Kabupaten Pandeglang sendiri mendapatkan target Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) sebanyak 109.188 bidang, yang terdiri dari 24 Kecamatan dan 108 desa,“ terangnya.

Ia menambahkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program strategis nasional dengan konsep membangun data bidang tanah baru dan sekaligus menjaga kualitas data bidang tnah yang ada saat ini, hal tersebut bertujuan agar seluruh bidang-bidang tanah terdaftar lengkap dan akurat,“ tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin mengatakan, PTSL salah satu program nasional, tentu saja dalam hal ini para Kepala desa harus bisa membantu dan mendorong untuk mensuskseskan program ini.

Menurut Pery, saat ini tidak sedikit program-program nasional yang turun ke Kabupaten Pandeglang, maka dari itu kita sebagai aparatur negara harus mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Program PTSL ini sangat dibutuhkan masyarakat terkait kepemilikan tanah, agar keberadaan bidang-bidang tanah di Kabupaten Pandeglang terdata dan bisa dipertanggungjawabkan,“ ujarnya.