Bupati Tanah Datar Tinjau Banjir Bandang di Laweh Malalo

Tanah Datar - Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi meninjau lokasi banjir bandang yang melanda Jorong Tanjuang, Sawah Nagari Padang, Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Jumat (17/1).

Banjir bandang merusak 8 bangunan yang terdiri dari 6 unit rumah, 1 unit toko dan 1 bengkel  motor, serta menghanyutkan 1 mobil dan 1 sepeda motor, dan puluhan ekor ternak warga.

Bupati Irdinansyah Tarmizi yang meninjau langsung lokasi bencana mengatakan, sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab banjir bandang yang melanda wilayah setempat.

"Kita belum menentukan, akan kita pelajari dengan menelusuri hingga ke hulu oleh tim teknis dengan drone," ucap bupati.

Berdasarkan pantauan di lapangan, warga korban banjir bandang telah diungsikan ketempat yang lebih aman. 

Bupati juga mengimbau warga untuk menjauhi lokasi bencana karena dikhawatirkan masih ada banjir susulan.

"Kita liat cuaca kurang bersahabat. Di hulu sungai juga terjadi longsoran dengan disertai air, untuk warga dihimbau menjauh dulu dari lokasi banjir bandang," imbau bupati.

Untuk tindakan lebih lanjut, Bupati mengintruksikan pihak terkait untuk membuka daput umum dan posko bencana, serta memprioritaskan penanganan pascabencana berupa pembersihan material yang menutup badan jalan sepanjang 250 meter.

Sementara di kesempatan yang sama, pemerintah daerah melalui Sekda Irwandi menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana berupa sembako dan terpal.