Peringati HPN 2021, PWMB Bagikan Ribuan Masker

Labuan Bajo - Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) membagikan ribuan masker kepada masyarakat Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan menekan penyebaran COVID-19 Selasa (9/2).

Peringatan HPN tahun ini mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Tema ini diterjemahkan oleh PWBM dengan melakukan pembagian masker guna mengajak masyarakat agar konsisten menerapkan protokol kesehatan.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker sehingga muncul kesadaran kolektif dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Ketua PWMB Gerasimos Satria, usai kegiatan membagikan masker ini.

Satria mengatakan kegiatan tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sehingga untuk memperingati Hari Pers Nasional 2021, PWMB secara khusus membagikan ribuan masker.

Hal ini dilakukan lanjut Satria mengingat jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat semakin meningkat. Saat ini, jumlah pasien COVID- 19 di bumi Komodo ini mencapai 414 orang 221 diantaranya dinyatakan sembuh, sementara 12 pasien di antaranya meninggal dunia.

“Dengan tingginya kasus ini, tentu Labuan Bajo sebagai destinasi super premium dan masyarakatnya yang bergantung pada sektor pariwisata, sangat terpukul. Mereka yang bekerja di sektor pariwisata, sangat merasakan dampaknya. Ratusan karyawan hotel dan restoran di Labuan Bajo kehilangan pekerjaan,” ucap Satria.

Satria selaku ketua PWBM menegaskan, bahwa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 bukan saja tugas pemerintah, tetapi tugas semua elemen masyarakat.

"PWMB mau mengajak masyarakat di Labuan Bajo untuk terus bergerak memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah destinasi super premium ini,” ungka Gerasimos Satria.

Hal senada disampaikan Sekretaris PWMB, Itho Umar mengatakan kegiatan ini dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

Itho mengingatkan khusus kepada kawan-kawan seprofesi, momentum Hari Pers Nasional ini tentu penting dalam melakukan evaluasi dan introspeksi atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini.

"Tetap junjung tinggi indenpendesi, profesional, bermartabat, dan beradab, agar dapat memenuhi kebutuhan publik memperoleh informasi yang benar dan akurat,” ujar Itho Umar yang juga Ketua Komunitas Pemuda Anti Radikal (KOPEARAD) Kabupaten Manggarai Barat ini.