Peringati HPN 2021, Pemkot Kediri Minta Media Edukasi Masyarakat

Kediri - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengajak para insan media untuk senantiasa menghadirkan berita yang terpercaya dan dapat mengedukasi masyarakat.

“Perkembangan media/pers di Kota Kediri, cukup bagus, apalagi dengan kemajuan IT hadirnya media-media digital, sebuah informasi dapat disampaikan dengan cepat kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana, dalam peringatan Hari Pers Nasional 2021, Selasa (9/2).

Pihaknya juga mengungkapkan dukungan Pemerintah Kota Kediri kepada media dan insan-insan pers. Bentuk dukungannya dengan memberikan informasi dan data lewat rilis yang dikeluar pemkot.

"Jadi awak media tidak disibukkan untuk mencari data atau nformasi pembangunan kesana kemari. Cukup pegang gawai dan buka group whatsapp maka rilis Pemkot sudah bisa diperoleh setiap hari. Apalagi di saat pandemi ini 'mobilitas' semua orang termasuk awak media perlu dikurangi," tambah Apip.

Selain itu, ia berharap supaya media/pers dapat secara aktif, turut membantu menyajikan informasi yang mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara memutus mata rantai COVID-19.

“Karena kami melihat, media adalah salah satu ujung tombak informasi bagi masyarkat," tuturnya.

"Dengan peran aktif media ini, diharapkan pandemi COVID-19 dapat segera teratasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dapat terbentuk dengan baik melalui informasi yang disajikan," ujarnya.

Kendati demikian, Apip mewanti-wanti untuk berhati-hati dengan berita hoaks.

“Kita wajib memerangi berita hoaks, karena hal ini sangat membahayakan terutama untuk masyarakat," tandasnya.

Menurutnya dengan menghadirkan berita yang faktual dan terpercaya dapat menggerus eksistensi berita hoaks.