Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Malalo Terus Mengalir

Batusangkar - Bantuan untuk korban bencana alam banjir bandang di Jorong Tanjung Sawah, Padang Laweh Malalo, Tanah Datar, Sumatera Barat, terus mengalir, baik secara pribadi, kelompok, instansi maupun dari pemerintah.

Hari kedua pascabencana atau Sabtu (18/1), Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meninjau langsung lokasi banjir bandang dan menyerahkan langsung bantuan berupa logistik.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melalui Direktur Mitigasi Medi Herlianto juga turut menyerahkan bantuan Rp250 juta untuk korban banjir bandang.

Bantuan ini diterima Wakil Bupati Zuldafri Darma di Posko Penanggulangan Bencana Malalo yang turut didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Asisten Ekobang Edi Susanto, Kalaksa BPBD Thamrin dan kepala OPD lainnya, serta Camat Batipuh Selatan Heru Rachman.

Wakil Bupati Zuldafri Darma pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama petugas dan relawan yang turut peduli memberikan bantuan materi, tenaga, dan semua hal untuk meringankan beban korban dan mempercepat pemulihan pascabencana.

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah menyumbangkan materi dan non-materi, bersama-sama bahu membahu," ujar Zuldafri.

Untuk penanganan pascabencana, Wabup Zuldafri meminta seluruh perangkat daerah untuk membantu sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Alhamdulillah pemerintah daerah hingga ke kecamatan dan nagari berkoordinasi dengan baik dan saya minta dalam langkah selanjutnya agar dibagi tugas yang jelas antarperangkat daerah dan melibatkan pihak-pihak lain, agar tidak satu pun yang tumpang tindih," ungkap wabup.

Terkait potensi bencana susulan mengingat curah hujan yang masih tinggi, Wabup meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

"Bila hujan terjadi dengan durasi cukup lama, masyarakat di sekitar lokasi agar mengungsi ke tempat yang aman," pintanya.