Sungai Rengas Juara Umum MTQ Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Kubu Raya - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-VII tahun 2021 tingkat Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, resmi ditutup Bupati Muda Mahendrawan di lapangan sepak bola desa Sungai Rengas, Jumat (12/2) malam.

Kegiatan yang digelar 5-11 Februari 2021 diikuti 448 perserta yang tersebar di 13 desa dengan 18 cabang musabaqah.

Selaku tuan rumah, Desa Sungai Rengas berhasil merebut juara umum pada MTQ ke-VII tahun 2021 tingkat Kecamatan Sungai Kakap dengan memperoleh medali 10 emas, 8 perak dan 5 perunggu. Yang mana bagi pemenang juara 1 pada MTQ ini akan mewakili Kecamatan Sungai Kakap untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya tahun 2021 yang aka digelar di bulan Juli mendatang di Kecamatan Kuala Mandor B.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, saat pertama kali masuk di lapangan sepak bola ini, dirinya sudah merasakan energi dan semangat yang sangat luar biasa, apalagi MTQ Kecamatan Sungai Kakap ini bukan sesuatu hal yang aneh dan baru, karena Kakap selalu memegang MTQ dan sebagai kontributor untuk para peserta kafilah yang mewakili Kabupaten Kubu Raya disetiap even MTQ provinsi bahkan tingkat nasional.

“Alhamdulillah, tentunya kita patut berbangga, karena Kubu Raya sampai hari ini tetap mampu mempertahan dan bahkan semakin menanjakan kualitas qori’-qoriah yang mampu untuk menampilkan kualitas terbaik dua kali berturut-turut di even MTQ nasional, baik di Medan Sumatra Utara (2018) maupun di Padang Sumatra Barat (2020) dengan berhasil mengunggulkan anak kita menjadi satu diantara cabang musabaqah yang meraih juara satu nasional," katanya saat menutup MTQ ke-VII tingkat Kecamatan Sungai Kakap Jumat (12/2).

Bupati menuturkan, prestasi yang diraih dari kafilah Kubu Raya selama ini merupakan suatu kebanggan dan aset paling berharga, karena modal dan aset ini merupakan generasi Qur’ani yang sangat dibutuhkan. Even ini tidak hanya sebagai ajang silaturrahmi dan sekaligus menjadi Syi’ar, namun yang paling penting sekali ialah menancapkan karakter generasi Qur’ani yang mampu membawa suasana batin dan mampu membangun kekuatan energi positif.

“Dengan digelarnya pelaksanaan MTQ dari tingkat desa dan kecamatan, yang mana kafilah Sungai Kakap ini saya tahu persis pada setiap MTQ di tingkat desa sekalipun sudah sangat luar biasa antusias dan penyelenggaraannya. Level MTQ tingkat kecamatan ini selalu menjadi pesaing berat di setiap pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia MTQ ke-VII tingkat Kecamatan Sungai Kakap Heri Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang menyempatkan waktu bisa hadir sekaligus menutup secara resmi MTQ ini. Selain itu dirinya juga mengapresiasi seluruh panitia dan dewan hakim serta seluruh masyarakat desa Sungai Rengas yang telah berkontribusi dalam mensukseskan agenda dua tahunan ini.

“Kita berharap setelah terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi penambahan wawasan serta penghayatan dan cinta terhadap Al Quran yang merupakan tuntunan bagi kehidupan selaku umat muslim," ujarnya.

Untuk itu perlu perhatian penuh serta keterlibatan lapisan masyarakat, sehingga penyelenggaan kegiatan MTQ ini akan memberikan pengaruh yang signifikan dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat dan bernegara," ucapnya.

Sementara itu, Camat Sungai Kakap Rusdety juga mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah sekaligus ketua panitia MTQ, kepala desa Sungai Rengas Heri Kurniawan dan seluruh anggotanya yang yang telah bekerja keras selama enam hari untuk mensukseskan kegiatan ini hingga sampai pada acara penutupan.

“Untuk menentukan tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-VIII tingkat kecamatan Sungai Kakap tahun 2023 mendatang terpaksa harus melalui voting, karena ada dua desa yang mengajukannya, yaitu desa Punggur Besar dan desa Punggur Kapuas. Namun setelah melalui proses promosi dari dua tersebut, maka kami tetapkan desa Punggur Kapuas terpilih menjadi tuan rumah MTQ ke-VIII tingkat Kecamatan Sungai Kakap untuk dua tahun kedepan," ujarnya.

Kegiatan yang ditutup dengan penyerahan bendera LPTQ kecamatan Sungai Kakap dari kepala desa Sungai Rengas ke kepala desa Pal IX ini juga dihadiri Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadri, Ketua LPTQ sekaligus Sekda Kubu Raya Yusran Anizam, Ketua TP PKK Rosalina Muda, Ketua DWP Diah Indah Setyasari, kepala desa dan peserta dari masing-masing kafilah serta Forkopimda kecamatan Sungai Kakap.