Seniman Gayo MY Sidang Temas Berpulang, Aceh Tengah Berduka

Takengon – Baru sekitar sepekan, masyarakat Gayo Aceh Tengah kehilangan seorang ulama kharismatik yang juga Ketua Majelis Permusayawaratan Ulama (MPU) Tgk M. Isa Umar pada tanggal 9 Februari lalu, hari ini (Senin, 16 Februari 2021), masyarakat kembali kehilangan seorang seniman, budayawan, sejarawan tokoh adat dan politikus senior M. Yakub Sidang Temas.

Seniman yang juga seorang Ceh (Pelantun Syair) Didong Gayo ini menghembauskan nafas terakhirnya, Senin dini hari sekitar pukul 00.25 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru Takengon dalam usia sekitar 93 tahun.

Selain dikenal seniman, MY Sidang temas juga seorang mantan politikus yang pernah duduk sebagai anggota DPRD (sekarang DPRK) Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 1990an. Ia juga seorang tokoh adat dan sampai dengan akhir hayatnya, beliau masih menduduki posisi Wakil Ketua Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah.

Sebagai Ceh Didong, nama MY Sidang Temas sudah sangat dikenal di saentero Tanoh Gayo sejak tahun 1980an. Bersama Klub/Group Didong Sidang Temas, beliau sudah malang melintang dalam khazanah kesenian di Dataran Tinggi Gayo dan pernah tampil di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.

Saat ini, jenazah almarhum masih disemayamkan di rumah duka di Kampung Baleatu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Menurut rencana, almarhum akan disholatkan di Masjid Raya Ruhama Takengon, bakda Dzuhur ini dan selanjutnya akan dimakamkan di pemakaman umum Uning Kirip, Takengon.

Di rumah duka, saat ini sudah terlihat ramai para pelayat dari berbagai kalangan, termasuk dari kalangan pejabat, seniman dan para tokoh adat dari berbagai wilayah di kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.