297 CJH OKU Siap Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Baturaja - Sebanyak 297 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan, siap berangkat ke Tanah Suci Mekah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini.

“Ada 297 CJH asal OKU yang akan diberangkatkan pada Juni 2021 mendatang,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama OKU Ishak Putih melalui Kasi Haji dan Umrah Abdul Muis, Senin (15/2).

Ia menjelaskan, 297 CJH ini merupakan jemaah yang tertunda berangkat ke Tanah Suci Mekah pada 2020 lalu karena pemerintah Arab Saudi menutup perjalanan haji dan umrah akibat pandemi COVID-19.

“Akibat wabah pandemi akhirnya ratusan CJH ini diberangkatkan tahun ini,” katanya.

Terkait penangguhan izin masuk 20 negara ke Arab Saudi termasuk Indonesia karena adanya jemaah yang positif COVID-19 saat menjalankan ibadah umrah beberapa waktu lalu, Abdul Muis mengaku hal tersebut tidak berpengaruh pada CJH yang akan berangkat tahun ini.

“Karena sejauh ini penangguhan tersebut hanya untuk jemaah umrah saja. Lagi pula masih ada tenggat waktu cukup lama sejak dikeluarkan penangguhan dengan keberangkatan CJH nanti,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Abdul mengimbau kepada seluruh CJH agar tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh supaya dalam keadaan sehat saat menjalankan ibadah haji nanti. Dan selalu berdoa agar wabah virus Corona segera berakhir sehingga bisa berangkat tahun ini.