Plh Bupati Lepas KKN Angkatan XX YPS Muara Enim

Muara Enim - Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar membuka dan melepas langsung mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XX Tahun 2021 Yayasan Perguruan Serasan (YPS) Muara Enim di Ruang Aula Kampus Serasan Muara Enim, Kamis (18/2).

Plh Bupati Muara Enim mengatakan, dirinya sangat senang karena dapat hadir langsung mengunjungi kampus Perguruan Serasan Muara Enim yang menurutnya  melalui tiga  sekolah tinggi yakni Sekolah Tinggi Ilmu Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum telah banyak berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia, khususnya menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim.

"Kami menyadari bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan daya saing daerah yang salah satunya melalui peningkatan sumber daya manusia, khususnya generasi muda dalam mengakses dan menempuh pendidikan," tambahnya.

Oleh sebab itu, ujarnya, Pemerintah Kabupaten Muara Enim memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Muara Enim.

"Tidak hanya melalui pemberian seragam dan perlengkapan sekolah gratis, namun juga melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah menyiapkan beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu maupun anak-anak berprestasi, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, tak terkecuali santri-santri di pondok pesantren," terangnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dan proses pembelajaran bagi mahasiswa akademik di tengah-tengah masyarakat.

"Khusus dalam situasi pandemi COVID-19, saya mengapresiasi kebijakan yayasan yang menyelenggarakan KKN secara daring, baik KKN dari rumah maupun KKN dengan cara kerja sosial (social volunteer) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing yang telah disesuaikan dengan Kebijakan New Normal anjuran dari Pemerintah Republik Indonesia. Dengan demikian, pelaksanaan KKN dapat tetap berjalan, namun juga tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan," kata Plh Bupati Muara Enim.

"Saya berharap keadaan tersebut tidak mengurangi makna dan standar pelaksanaan KKN dan Sayapun berpesan agar mahasiswa sekalian dapat menjalankan KKN ini dengan sebaikbaiknya, sesuai dengan standar dan pedoman dari yayasan melalui para dosen pembimbing lapangan," tambahnya.

Nasrun berharap melalui KKN XX ini mahasiswa sekalian dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar melalui penerapan keilmuan masing-masing, khususnya dalam mengangkat potensi lokal demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga cita- cita Kabupaten Muara Enim yang #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera dapat dicapai.