Bupati Muda Buka Musyawarah KNPI Kubu Raya

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, sebagai pemilik masa depan, tentunya pemuda harus bertanggung jawab dan bukan hanya sekadar menjalankan tugas.

"Panggilan nurani baru bisa dilakukan, apabila kita memahami dalam mengambil peluang yang sama dan harus mampu mengambil peluang itu dengan cara bagaimana kita memperjuangkan peluang orang banyak dan peluang setiap rumah tangga. Jangan sampai hagemoni (dominasi kepemimpinan) yang terjadi itu bisa membuat akses yang menutup memberikan peluang, karena tugas tanggung jawab pemerintah dari pusat sampai ke desa sekalipun untuk membuka peluang-peluang kepada rakyatnya," katanya saat membuka Musyawarah Pimpinan Kecamatan (MPC) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kubu Raya di ruang Praja Utama aula kantor bupati, Sabtu (20/2) siang.

Bupati menjelaskan, dengan memiliki slogan "Dari Kubu Raya Untuk Indonesia”, tentunya daerah ini ingin memberikan dampak yang besar bagi setiap warganya termasuk pemudanya, meski Kubu Raya ini terlahir dari kampung, tapi warga dan pemudanya jangan sampai berfikir kampungan.

“Justru kita membuktikan mampu berfikir menembus zaman, kita mampu berfikir visioner, berfikir besar dan mampu berfikir jauh ke depannya, bukan hanya sesaat dan jalan di tempat saja. Di sinilah slogan itu ingin memberikan suatu dampak. Dulu kita bangu slogan itu dengan maksud hadirnya pemerintah Kubu Raya itu yang memiliki sembilan kecamatan, ingin membuktikan meski kita kabupaten baru dan merupakan kabupaten termuda di Kalbar, tapi kita ingin membuktikan kalau Kubu Raya lahir tidak hanya menjadi beban, tapi mampu berkontribusi besar bagi republik ini," jelasnya.

Dirinya menyampaikan, KNPI dengan misinya untuk gerakan generasi muda agar benar-benar dapat berdaya dan bisa mendapat peluang yang sama serta berdampak kepada pemuda yang lainnya. Diharapkan KNPI Kubu Raya bisa menjadi bukan KNPI biasa.

Untuk itu, saya berharap KNPI Kubu Raya harus mampu memiliki progrsifitas dalam ide dan gagasan. Insya Allah, kita akan kawal program KNPI ini, karena Kubu Raya ini terbuka kepada semuanya, apalagi KNPI yang sudah jelas mewadahi organisasi pemuda karena aset yang besar itu adalah pemudanya. Karena jika pemuda banyak yang menganggur maka akan dampak denyutnya, sebab gerakan pemuda ini sangat cepat dan aktualisasinya juga cepat di era yang serba cepat saat ini.

“Makanya, ketika pemuda-pemudanya jauh lebih progresif, fokus dan semua melihat dalam kontek ide serta gagasan yang benar-benar mereka kejar dan bisa mengaktualisasikannya dengan nilai tambah, dan di sinilah yang saya maksud tadi pemuda harus mampu memberikan kontribusi besar bagi republik ini," pungkasnya.