Pembelajaran Tatap Muka di Kubu Raya Dimulai Hari Ini

Kubu Raya – Sejumlah sekolah di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada hari ini mulai menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Proses belajar tatap muka ini diperbolehkan setelah adanya Surat Edaran Bupati Kubu Raya pada tiga hari lalu untuk mengatur panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

Kepala SDN 7 Sungai Raya Sujadi menjelaskan, pihak sekolah membuka proses belajar tatap muka dengan cara mengatur dua kali pertemuan siswa dalam rangka menghindari keramaian antar siswa dan para orang tua yang menjemput. Selain itu, mewajibkan siswa memakai masker dan mengatur jarak bangku dalam kelas 1,5 meter.

“Secara seluruhnya ada 72 murid yang akan melakukan belajar tatap muka. Namun karena telah dibagi menjadi dua kali pertemuan pagi dan sore menjadi 36 murid,” terang Sujadi ditemui di ruang kerjanya, Sungai Raya, Senin (22/2).

Sujadi mengatakan, pihak sekolah dan komite sekolah telah mempersiapkan lebih jauh proses belajar tatap muka kepada orang tua murid.

Sementara itu, salah satu murid Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sungai Raya, Novianti Hamidah mengaku berbahagia pada awal proses belajar tatap muka.

Adapun persiapan yang dilakukannya sebelum memasuki kelas mencuci tangan dengan sabun, membawa hand sanitizer serta memakai masker dikelas maupun diluar kelas.

“Lebih berbeda sih sekarang karena suasana kelas lebih sepi karena jadwal diatur menjadi dua shift,” terangnya.

Ia mengatakan, selama ini proses belajar jarak jauh menjadi hambatannya dalam memahami tugas dari gurunya.

“Dari pukul 08.00 hingga jam 10.00 WIB. Hambatanya kalau waktu kouta internet sedang habis sehingga terputus dalam memahami mata pelajaran yang diberikan,” jelas Novianti.