Pemkab Muara Enim Gelar Forum Konsultasi Rancangan Awal RKPD 2022

Muara Enim - Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Kabupaten Muara Enim Alfarizal, mewakili Plh Bupati Muara Enim Nasrun Umar memimpin Forum Konsultasi Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim tahun 2022 di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda, Selasa (23/2).

Alfarizal mengatakan bahwa forum ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD dengan tujuan menjaring aspirasi para pemangku kepentingan (stakeholder) guna menjadi masukan dalam penentuan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Muara Enim di tahun 2022.

Ia mengatakan, yang menjadi perhatian dalam rencana pembangunan 2022 yaitu, penguatan ekonomi pedesaan, peningkatan UMKM yang unggul dan kreatif, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemantapan infrastruktur dasar, pemerataan layanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan layanan publik hingga ketahanan bencana.

"Dengan demikian, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan agar semangat dan optimis meningkatkan kinerja dan bekerja lebih giat guna mewujudkan hal-hal yang dicita-citakan," ujarnya.

"Rencana dan rancangan yang ditetapkan tentunya akan disesuaikan dan perpedoman pada tema prioritas pembangunan tahun 2022 yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Muara Enim 2018-2023, yaitu Penguatan Ekonomi Masyarakat Menuju Muara Enim Mandiri," tambahnya.