Pemkab Natuna Beri Pembekalan Babinsa Tentang Geopark

Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Natuna, Hikmatul Arif membuka Pembekalan Materi Geopark Natuna kepada Babinsa, dalam rangka program TNI Manuggal Masuk Desa (TMMD) ke-110 di Gedung Wanita, Rabu (24/2).

Hikmatul mengatakan bahwa keberadaan Babinsa memiliki tugas pokok untuk mengumpulkan, memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan berbagai potensi informasi awal operasi militer di tingkat pedesaan.

“Keberadaan Babinsa menjadi ujung tombak pembinaan masyarakat yang juga mengumpulkan data, menginformasikan kembali serta melakukan pendekatan persuasif terhadap masyarakat sebagai salah satu sasaran operasi," katanya.

Menurutnya, keberadaan Babinsa telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tatanan sosial politik, hukum, pemerintahan, pertahanan negara dan khususnya pembinaan mayarakat desa.

Ia juga mengatakan bahwa salah satu program geopark nasional adalah melakukan edukasi secara berkelanjutan, meningkatkan pengetahuan, membuka wawasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap arti pentingnya pemanfaatan, perlindungan dan pelestarian berbagai potensi yang kita miliki.

“Dengan potensi yang dimiliki tersebut, Babinsa memiliki peran strategis untuk menyukseskan realisasi dari tujuan penetapan Natuna sebagai Geopark Nasional, yakni taman bumi yang dimiliki menjadi modal pembangunan kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan daerah di segala bidang,” tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh babinsa se-Kabupaten Natuna, Kodim 0318, FKPD serta OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.