Pemkab Pandeglang Prioritaskan Lima Konektivitas Program Strategis di Musrenbang Kecamatan

Pandeglang - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2022 yang digelar Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memprioritaskan lima konektivitas program pembangunan strategis.

"Pelaksanaan Musrenbangkec tahun 2022, Pemkab Pandeglang fokus pada lima konektivitas program strategis, yakni pembangunan infrastrukur jalan, infrastruktur pendidikan, kesehatan dan pertanian yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat," kata Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Utuy Setiadi usai kegiatan Musrenbangk Kecamatan 2022 di Ruang Pintar, Rabu (24/2).

Lebih lanjut ia mengatakan, program konektivitas selanjutnya yang menjadi prioritas adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, penanggulangan kemiskinan dan penanganan penganguran.

"Hal itu yang menjadi bagian prioritas rencana kerja pemerintah daerah,“ terang Utuy.

Ia menambahkan, di saat ini COVID-19 yang belum juga berakhir, ada kemungkinan perencanaan tematik juga, yaitu penanganan pascapandemi di tahun 2022.

"Akan tetapi mudah-mudahan saja wabah ini bisa segera berakhir, jadi tidak ada lagi anggaran pembangunan yang direcofusing untuk penanganan covid-19, terkait hal itu kita tinggal menunggu kebijakan pemerintah pusat,“ ucap Utuy.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, usulan pembangunan yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan 2022 ini harus menjadi skala prioritas utama.

"Prioritas Pemerintah daerah adalah pembangunan infrastruktur jalan Kabupaten, kita akan selesaikan satu persatu, bukan berarti kita tidak memperhatikan jalan lingkungan atau jalan poros desa, tetap kami akan perhatikan, akan tetapi yang menjadi fokus kami adalah pembangunan jalan Kabupaten, agar kita bisa tuntaskan persoalan pembangunan urusan jalan ini," terang Irna.

Menurut Irna, untuk mewujudkan hal tersebut perlu dioptimalkan anggaran.

"Anggaran dari APBD, desa kita maksimalkan, dan program - program bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat kita optimalkan. Oleh karena itu berbagai program pembangunan yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan 2022 ini harus selaras dengan program pembangunan kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat," tuturnya.