Dirjen Bina Pemdes kemendagri Tinjau Pilkakon Serentak di Pringsewu

Pringsewu - Bupati Pringsewu Sujadi bersama Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI Yusharto Huntoyungo meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Pekon Serentak Kabupaten Pringsewu Tahun 2021 di Pekon Gading Rejo Utara Kecamatan Gading Rejo dan Pekon Bulukarto Kecamatan Pringsewu, Rabu (24/2).

"Pilkakon Tahun 2021 secara serentak di 48 pekon ini menjadi sangat penting karena dilakukan di era pandemi COVID-19. Pilkakon akan menghasilkan kepala pekon yang membantu penyelenggaraan Pemerintahan oleh Camat, Bupati, dan Gubernur dalam menjalankan program pemerintahan di tingkat desa. Dengan demikian kegiatan ini harus kita kawal dengan sebaik-baiknya agar menghasilkan kepala pekon yang berkualitas," terang Yusharto.

"Merupakan suatu kehormatan dan juga tanggung jawab bagi kami untuk melaksanakan (Pilkakon) ini dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah sudah sampai dengan 67% pemilih yang hadir, saya harapkan nanti tepat waktu dan tidak ada satupun yang tidak melaksanakan, tentunya dengan protokol kesehatan yang sangat memadai," kata Bupati Pringsewu.

Terkait arahan tentang pelaksanaan Pilkakon menggunakan e-voting di masa yang akan datang, Sujadi menegaskan akan mempersiapkan infrastruktur serta peraturan kebijakannya pada Tahun 2022.

"Saya harap anggarannya cukup, perdanya cukup, apalagi Bapak Dirjen mendukung penuh terkait dengan infrastruktur dan anggarannya," terangnya.

Dari segi pengamanan, seperti dituturkan oleh Kapolres Pringsewu dan Dandim 0424 Tanggamus bahwa pelaksanaan Pilkakon kali ini telah dibentengi oleh ratusan personel keamanan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, serta Satpol PP yang tersebar di tiap-tiap TPS untuk menjamin keamanan berlangsungnya Pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu.

Setelah melakukan peninjauan di Pekon Gading Rejo Utara dan Pekon Bulukarto Dirjen Pemdes, Bupati, dan Forkopimda, melakukan peninjauan quick count melalui aplikasi Kemendagri di kantor Bupati Pringsewu.