Wabup Pasuruan: BUMDes Motor Penggerak Pengelola Sampah Bernilai Ekonomis

Pasuruan - Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan masyarakat harus lebih kompak bahu-membahu dan bersinergi dalam mengupayakan peningkatan kesejahteraan desa, diantaranya dengan mengoptimalkan pengolahan sampah agar memiliki nilai ekonomis.

Wabup mengatakan, tentunya dibutuhkan keselarasan BUMDes dalam menyusun program-program pembangunan Desa. Secara keseluruhan harus sejalan dengan segala potensi perekonomian desa, seperti yang terdapat di Desa Kedawang yakni Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Recycle, Reuse, Reduce atau TPST3R.

“Jadi untuk pembuatan program Desa ini, BUMDes harus jalan bersama dan bersatu dengan perekonomian Desa. Salah satu program yang sudah mulai berjalan adalah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu TPST3R yang berfungsi mengolah sampah agar bernilai ekonomis. Sekaligus akan mengurangi penumpukan sampah yang bisa menyebabkan polusi udara dan penyakit," jelasnya saat meninjau TPST3R di Desa Kedawang, Kecamatan Nguling, Kamis (25/2).