Baznas KSB Pererat Komunikasi dengan Muzaki Melalui Aplikasi

Sumbawa Barat – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus mempersiapkan sebuah aplikasi untuk terhubung dengan semua muzaki atau orang yang berzakat.

“Kami sedang berusaha terhubung dengan para Muzaki dengan aplikasi Whatssup dan email agar kami dapat memberikan kepuasan kepada Muzaki sebagai pemegang saham akhirat,” ujar Ketua Baznas KSB M. jafar yusuf saat ditemui di Taliwang, Senin (1/3).

Untuk terhubung dengan para Muzaki, Baznas saat ini telah mengirim surat meminta nomor Handphone dan email para ASN sebagai Muzaki ke seluruh Organisasi Prangkat Daerah, instansi Vertikal, Camat, Lurah, Badan Usaha Milik Daerah dan sekolah-sekolah di Sumbawa Barat.

“Setalah diisi surat tersebut akan kami jemput lagi agar secepatnya dapat direalisasikan dan ditampung dalam satu aplikasi,” katanya.

Data nomor handphone para Muzaki kemudian dimasukan secara manual ke dalam aplikasi BANTU Baznas KSB yang menampungsekitar 5.000 data. Pengisian manual ini akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Dijelaskan Jafar, untuk memasukan data ke aplikasi tersebut sebenarnya tidak butuh waktu lama jika para Muzaki dapat memasukannya sendiri, tetapi agar para Muzaki tidak kerepotan maka Baznas yang akan memasukan secara manual.

“Apabila aplikasi BANTU Baznas KSB telah terisi dengan nomor Hp dan email para Muzaki maka komunikasi dua arah antara Baznas sebagai Amil dan ASN sebagai Muzaki akan mudah dilakukan,” katanya.

Aplikasi ini sangat bermanfaat, karena dengan satu klik saja maka sebuah informasi akan menjangkau 5.000 Muzaki melalui Whatssup dan email.

Sebelumnya juga Baznas Sumbawa Barat telah mendatangani MoU bersama PT Taspen Cabang Mataram untuk penggunaan Aplikasi SIMGAJI ASN dari PT TASPEN untuk mempermudah penyetoran zakat, infak dan sedekah ASN dari Unit Pengumpulan Zakat.