Dekranasda Metro Ikuti Webinar Bersama Dekranasda Provinsi Lampung

Metro - Dekranasda Metro mengikuti webinar bersama Dekranasda Provinsi Lampung dalam rangka HUT ke-41 dengan tema “UMKM Bangkit di Masa Pandemi COVID-19 Melalui Semangat Pemberdayaan dan Kegotongroyongan”, di Ruang OR Setda, Senin (1/3).

Turut hadir dalam webinar ini, ketua Dekranasda Kota Metro, kepala Dinas UMK UM dan Perindustrian Kota Metro.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, dalam sambutannya menyampaiakan rasa gembiramya bisa hadir di tengah-tengah para Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu ujung tombak pembangunan ekonomi kreatif sekaligus menjaga serta mengembangkan warisan budaya Lampung.

"Kegiatan yang kita lakukan pada hari ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menggunakan produk-produk kerajinan yang berdaya saing. Seperti kita ketahui bahwa pelaku industri usaha kerajinan berskala kecil dan menengah (UMKM), merupakan salah satu pelaku ekonomi yang paling penting baik dalam perekonomian di Lampung maupun nasional,” ucapnya.

Ia menjelaskan, UMKM sangat berperan dalam pengerahan tenaga kerja untuk kebutuhan ekonomi. Dari hasil akumulasi semua sektor ekonomi UMKM konstribusi UMKM terhadap PBB nasional mencapai 58% sampai dengan 60% dengan tingkat laju pertumbuhan sekitar 6% per tahunnya.