BPBD Pringsewu Gelar Sosialisasi Penanganan Pascabencana

Pringsewu - Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Malian Ayub membuka kegiatan Sosialisasi Penanganan Pascabencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu di Balai Pekon Gemahripah, Kecamatan Pagelaran, Selasa (2/3).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan kepada warga masyarakat terkait kesiapsiagaan pada saat menghadapi bencana dan agar dapat dibentuk Tim Penanggulangan Bencana di tiap pekon.

Kapolsek Pagelaran mengatakan, kami dari pihak Kepolisian akan membentuk "Kampung Tangguh Nusantara" dengan melibatkan peran masyarakat setempat supaya meminimalisir bencana yang sewaktu-waktu datang.

Sementara itu, kepala Pelaksana BPBD menyampaikan, seperti kita ketahui dari bulan Desember 2020 kita memasuki cuaca ekstrim yang membawa dampak luar biasa, sekitar tujuh pekon yang terdampak banjir di Kecamatan Pardasuka dan ketinggian mencapai kurang lebih 1 meter yang meluap dari Sungai Way Mincang, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tim BPBD juga sigap menuju lokasi dan BPBD juga memiliki kendaraan yang berisi makanan siap saji.

"Pada pekan lalu terjadi angin puting beliung di Kecamatan Adiluwih yang mengakibatkan lebih dari 40 rumah parah di Pekon Srikaton dan bersyukur tidak ada korban jiwa," ujar Kepala Pelaksana BPBD.Edi Sumber Pamungkas.