Pemkot Kediri Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

Kediri - Pemerintah Kota Kediri menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 tingkat kecamatan digelar secara virtual, Senin (1/3).

“Musrenbang Kecamatan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dengan peserta dari delegasi kelurahan wilayah kecamatan masing-masing,” terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri Edi Darmasto, Senin (1/3).

Adapun untuk hari pertama ini diikuti oleh Kecamatan Mojoroto dan Kelurahan-Kelurahan diwilayah administratif kecamatan tersebut. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tahun ini dilaksanakan secara virtual, mengingat pelaksanaan berada di situasi pandemi.

“Guna tertib protokol kesehatan, Musrenbang ini dilaksanakan secara daring dari kantor masing-masing,” kata Edi.

Sedangkan untuk dua kecamatan berikutnya akan dilaksanakan besok, Selasa (2/3), untuk Kecamatan Kota dan lusa, Rabu (3/3) untuk Kecamatan Pesantren yang juga akan dilaksanakan secara virtual dari kantornya masing-masing.

Sementara itu, dalam Musrenbang ini usulan-usulan terbagi atas tiga bidang. Bidang pertama (A) meliputi bidang pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, ketentraman, ketertiban, pelayanan umum, pariwisata dan Budaya. Bidang kedua (B) meliputi lingkungan hidup, perumahan, dan fasilitas umum. Sedangkan untuk bidang ketiga (C) meliputi bidang perekonomian, ketahanan pangan, dan pengembangan usaha.

Dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini, Bappeda bersama dengan Dinas terkait melakukan verifikasi terhadap usulan-usulan yang disampaikan guna memastikan usulan-usulan tersebut tepat sasaran sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.