Dandim 1612 Manggarai Tanam Empat Pohon Baobap di Labuan Bajo

Labuan Bajo - Dandim 1612 Manggarai melakukan penanaman Baobap secara simbolis di kompleks Marina Buy Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (3/3).

Acara penanaman pohon Baobab secara simbolis di hadiri oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi bersama Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabuaten Manggarai Barat serta undangan lainya.

Pohon Biobab merupakan bantuan yang di berikan oleh Pangdam IX Udayana kepada Dandim 1612 Mangarai untuk wilayah destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo.

Empat pohon Baobab ini akan di tanam pada beberapa lokasi seperti di kompleks Marina Bay, Pelabuhan Pelni, Bandara Udara Komodo dan obyek Wisata Batu Cermin.

Dandim 1612 Manggarai Letkol Ivan Alfa mengatakan bahwa pohon Baobab merupakan pohon yang khusus di datangkan dari Afrika, dan pohon ini datang karena inisiatif dari Pangdam IX Udayana.

"Pohon Baobab ini merupakan salah satu pohon yang bisa menyimpan banyak kandungan air, sehingga sangat cocok di Labuan Bajo," katanya.

Dirinya berharap untuk menjaga dan merawat pohon ini, di butuhkan kerja sama dari seluruh elemen, sehingga pohon ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik.

Dandim 1612 Manggarai, dalam laporannya lebih jauh mengatakan sebelumnya, Pandam IX Udayana telah menanam 5000 pohon flamboyan di Labuan Bajo. Dan pada hari ini kembali Pandam IX Udayana kembali mberikan empat pohon Boobab di Labuan Bajo.

Dandim 1612 mengatakan pohon Baobab ini berasal dari daratan Afrika, Arab dan Australia. Pohon ini mampu menyimpan cadangan air. Selanjutnya untuk menjaga pohon ini menjadi tanggung jawab bersama.

Pada tempat yang sama, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas bantuan empat pohon Baobab dari jajaran TNI khususnya Dandim 1612 Manggarai.

"Kegiatan hari ini merupakan mementum yang baik bagi daerah ini dan memberikan pelajaran penting tentang bagaimana menanam pohon yang bisa memberikan kesejukan dan keindahan bagi daerah ini,"ucap Bupati Edustasius Endi

Dikatakannya, berdasarkan informasi dari Dandim 1612, Pohon ini salah satu manfaatnya mampu menyimpan cadangan air.

"dilihat dari manfaat pohon Baubap ini bisa menjadi salah satu solusi terhadap masalah kekurangan air di daerah ini, selanjutnya untuk menjaga pohon ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ungkapnya

Bupati Mabar berharap, dengan penanaman pohon Baubap ini walaupun hanya empat pohon saja semoga dikemudian hari bisa bertambah, sehingga bisa menambah kesejukan dan keasrian Kota Labuan Bajo, pungkas Bupati Mabar Edistasius Endi.

Hadir dalam acara penanaman simbolis, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Martinus Mitar, Dirut BOPFL Shana Fatinah, Unsur Forkopimda Manggarai Barat, dan undangan lainya bersama jajaran TNI dan Polri.

(Frumen/Syarif ab)