Pemkab Kubu Raya Raih Sivablik Award 2021

Kubu Raya - Penerapan sistem non tunai melalui aplikasi Cash Management System (CMS) yang dilakukan seluruh desa menjadikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, kembali diganjar penghargaan.

Melalui inovasi dan gagasan Bupati Muda Mahendrawan ini, Kubu Raya dinobatkan sebagai daerah terbaik pertama dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sivablik) Award tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021.

Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kubu Raya Rini Kurnia Solihat mengatakan, penghargaan ini digelar dengar tujuan untuk mendorong munculnya inovasi-inovasi terbaru dibilang pemerintahan yang mampu mempermudah dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Kompetisi ini dilakukan pada tahun 2020 dengan dua kategori diantaranya kategori Provinsi dan kategori kabupaten/kota," katanya di Sungai Raya, Jumat (5/3)..

Rini menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam hal ini CMS desa mengikuti komposisi ini mulai dari mengisi administrasi hingga kemudian dari puluhan peserta dari seluruh kabupaten/kota di Kalbar terpilih enam terbaik yang masuk dalam Top Six dan kemudian dilakukan penjurian secara langsung melalui mekanisme paparan dan wawancara langsung oleh tim juri yang terdiri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan BPKP kalbar, Ombudsman dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi I Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Dari hasil seleksi dan wawancara itu Kubu Raya ditetapkan sebagai Top Six kabupaten/kota dan Alhamdulillah menjadi daerah terbaik pertama dan mampu menyisihkan puluhan daerah lainnya," tuturnya.

Rini menilai, tentunya prestasi ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan membuktikan bahwa inovasi CMS desa ini merupakan inovasi yang diyakini mampu merubah pola mereformasi birokrasi dan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat khususnya terkait bagaimana pengelola keuangan desa yang transparan dan akuntabel.

"Penyerahan penghargaan Sivablik Award ini baru dilakukan pada bulan Maret 2021 yang bersamaan dengan kegiatan penguatan kapasitas pemrov Kalbar dan penghargaan ini diberikan oleh bapak Gubernur Kalbar Sutarmidji pada 4 Maret 2021 hotel hotel Aston Pontianak," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, selain mendapatkan piagam penghargaan, pihaknya juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp15.000.000.

"Diharapkan dengan penghargaan Kompetisi ini bisa memberikan motivasi kepada kita semua untuk terus memunculkan inovasi-inovasi terbaru dari Pemkab Kubu Raya," pungkasnya.