Wakil Wali Kota Kupang Pantau Vaksinasi COVID-19 Lansia

Kupang - Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Hermanus Man melakukan pemantauan terhadap kegiatan vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi warga lanjut usia (lansia) di daerah itu.

"Pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia dilakukan agar proses pemberian vaksin berlangsung dengan baik dan lancar," kata Hermanus Man di Kupang, Senin (8/3).

Selain itu, kata dia, pemantauan dilakukan untuk memastikan bahwa ketersediaan vaksin serta proses pemberian vaksin dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Hermanus Man mengatakan, pemantauan berlangsung secara bergilir di 11 Puskesmas yang menjadi pusat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lansia di ibu kota provinsi NTT itu.

Pada Senin (8/3), pelayanan vaksinasi dilakukan di tiga tempat yaitu Puskemas Oesapa, Puskesmas Pasir Panjang dan Kantor Lurah Merdeka.

"Kami melihat proses vaksinasi yang dilakukan di tiga tempat ini berjalan dengan baik," ungkapnya.

Ia mengatakan, sesuai an data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang bahwa jumlah lansia yang menjadi sasaran penerima vaksinasi COVID-19 berjumlah 10.139 orang dan pelayanan publik berjumlah 937 orang.

Berdasarkan data pada Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk Puskesmas Oesapa terdapat 400 orang lansia penerima vaksin dan yang telah melakukan vaksin sebanyak 200 orang terdiri dari lansia dan pelayanan publik.

Sementara itu kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Kantor Lurah Merdeka, dengan jumlah sasaran vaksinasi 560 orang lansia berasal dari Kelurahan Merdeka, Kelurahan Bonipoi, Kelurahan LLBK, Kelurahan Solor dan Kelurahan Airmata.

Sedangkan di Puskesmas Pasir Panjang terdapat 620 orang yang terdiri dari 400 orang lansia dan 220 orang pelayanan publik.