Musrenbang Nagari Tanjung Bonai, Wabup Tanah Datar Ingatkan Pentingnya Skala Prioritas

Tanah Datar - Di tengah keterbatasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, penyusunan program dan kegiatan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari tentunya harus mengedepankan skala prioritas sesuai kebutuhan bukannya keinginan.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat Musrenbang Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara, di Aula MAS Muhammadiyah Tanjung Bonai, Senin (3/2).

"Dari 75 Nagari, tentu punya skala prioritas untuk lebih dahulu diprogramkan dan dilaksanakan, karena mustahil keinginan itu dipenuhi seluruhnya di tahun yang sama, maka disini lah hendaknya pemerintah nagari, kecamatan dan kabupaten nantinya akan menyaring yang benar-benar menjadi kebutuhan terlebih dulu," kata Zuldafri.

Lebih lanjut, Zuldafri berharap wali nagari bersama perangkat lainnya berkoordinasi dengan anggota DPRD mengawal terhadap hasil Musrenbang yang akan dibahas di tahap lebih tinggi.

"Saya sangat apresiasi atensi dan kehadiran masyarakat serta empat anggota DPRD di Musrenbang ini. Sekarang tentunya wali nagari diharapkan koordinasi dengan wakil kita ini, sehingga program pembangunan yang menjadi kebutuhan pada 2021 nanti untuk Nagari Tanjung Bonai bisa diwujudkan," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Nagari Tanjung Bonai Luthfi Dt. Majo Besar memaparkan program skala prioritas yang akan disampaikan ke Musrenbang Kecamatan memuat bidang sarana dan prasarana sebanyak 17 item, sosial budaya (12), ekonomi (10) dan pemerintahan yang memuat kebutuhan menjalankan pemerintahan nagari.

"Dalam bidang sarana prasarana kita membutuhkan pengaspalan jalan, pembangunan drainase dan rehabilitasi rumah masyarakat miskin. Untuk bidang sosial budaya juga memuat unsur pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan sosial budaya masyarakat lainnya seperti penambahan kuota Jamkesmas, bantuan lansia serta penyandang cacat, sedangkan bidang ekonomi terdiri dari program peningkatan kesejahteraan petani, pengembangan IKM, serta pengembangan destinasi wisata," terang Luthfi.

Di samping itu, Luthfi juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wabup bersama tim pembina Musrenbang Nagari dari Kabupaten yang diketuai Staf Ahli Bupati Nuryeddisman, anggota DPRD, Camat Lintau Buo Utara, wali jorong serta undangan lainnya.

"Sesuai tema Musrenbang, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah dan kualitas SDM dalam tata kelola pemerintahan yang baik, tentu kami harapkan dukungan dan kerjasama kita semua untuk Nagari Tanjung Bonai lebih baik lagi," tukasnya.

Sementara itu anggota DPRD Istiqlal mewakili anggota lainnya yang hadir Jonedi, Eri Hendri dan Nurzal Chan menyampaikan dukungan terhadap program pemerintah nagari Tanjung Bonai.

"Sesuai paparan yang telah disampaikan wali nagari tentang berbagai program kegiatan, tentu kami akan mendukung program kegiatan yang tentunya bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat," pungkasnya.