Pemkab Pringsewu Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022

Pringsewu - Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembagunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Aula Utama Kantor Bupati Pringsewu, Rabu (10/3).

Bupati Pringsewu Sujadi yang didampingi oleh Sekdakab Heri Iswahyudi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Malian Ayub, Asisten Administrasi Umum Hasan Basri, forkopimda, dan Kepala Bappeda Pringsewu Akhmad Fadholi, menghadiri serta membuka secara resmi Musrenbang yang dilangsungkan secara virtual tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan virtual tersebut Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Pungkas Bajuri Ali, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman Suharti, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Syaiful Darmawan, para kepala OPD Pringsewu, camat, serta sejumlah undangan lainnya.

Bupati Pringsewu Sujadi, dalam sambutanya menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RKPD 2022 merupakan amanat Peraturan Perundang-undangan. Karena itu meski dalam situasi pandemi COVID-19. Kegiatan ini harus tetap dilaksanakan walaupun secara virtual, namun tidak mengurangi substansi dari tujuan kegiatan ini yaitu untuk sinkronisasi dan sinergisitas prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung serta pemerintah pusat," ujarnya.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemkab Pringsewu selalu konsisten untuk kesejahteraan masyarakat dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari capaian Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Pringsewu yang pada Tahun 2020 telah mencapai 70,30 atau tertinggi untuk Tingkat Kabupaten se-Provinsi Lampung (di luar Kota Bandar Lampung dan Metro).

Kepala Bappeda Akhmad Fadholi, dalam kesempatan yang sama menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah menetapkan tema pembangunan 2022 yaitu optimalisasi pertumbuhan yang berkualitas dan daya saing daerah melalui peningkatan infrastruktur dan SDM yang berkarakter.

"Melalui tema tersebut terdapat lima program prioritas atau fokus kegiatan yaitu Peningkatan ketahanan perekonomian daerah, Percepatan pembangunan infrastruktur strategis, Peningkatan SDM yang unggul, Peningkatan ketahanan bencana dan kualitas lingkungan hidup, serta Peningkatan tata kelola pemerintahan dan kehidupan yang harmonis," jelasnya.

Dikatakan Akhmad Fadholi bahwa hasil dari penyusunan RPJMD ini nantinya akan disinergikan dengan provinsi dan pihak-pihak terkait untuk kemudian diharapkan dapat direalisasikan oleh pemerintah pusat.

Pada penghujung acara Musrenbang dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Pemkab Pringsewu yang diwakili oleh Sekdakab, Kepala Bappeda , Ketua MUI , Direktur RS Mitra Husada, serta perwakilan Forum Anak Pringsewu. Selain itu juga dilakukan pemberian penghargaan kepada kecamatan atas penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kecamatan di Kabupaten Pringsewu. Tiga penghargaan secara berurut diberikan kepada Kecamatan Pringsewu, Kecamatan Pardasuka, dan Kecamatan Gadingrejo.