Bupati Terima Tim BPK Sumbar Terkait Pemeriksaan LKPD

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra menyambut baik kedatangan Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat terkait pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020, di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, Rabu (10/3).

Kegiatan itu kelanjutan dari pemeriksaan pendahaluan serta penyerahan laporan LKPD Tanah Datar tahun anggaran 2020 yang diserahkan langsung oleh Bupati Eka Putra kepada kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat Yusna Dewi beberapa waktu silam.

"Kami merasa senang bisa menerima tim BPK perwakilan Sumatera Barat di Luhak Nan Tuo ini, mudah-mudahan pertemuan ini menjadi langkah yang baik memulai tugas-tugas tim BPK beberapa waktu ke depannya," ujar Bupati Eka.

Bupati Eka mengatakan berkenan mendampingi Tim BPK jika diperlukan demi kelancaran pemeriksaan tersebut, "Kami siap mendampingi tim BPK, intinya kami sangat terbuka dalam pengelolaan keuangan, kepada semua pihak untuk menjalin kerjasama guna mewujudkan apa yang kita semua harapkan, tentunya harapan itu, harapan yang baik," ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Ketua Tim BPK Perwakilan Sumatera Barat Ferik Fernanda mengatakan selama pemeriksaan pendahuluan yang telah dilakukan berjalan dengan lancar, ia berharap pemeriksaan kali ini juga berjalan baik tanpa ada kendala yang berarti.

"Pada pemeriksaan pendahuluan tidak kami temukan kendala, semua berjalan dengan lancar, kami harap itu berlanjut. Di tahap ini BPK berkewajiban memeriksa laporan yang telah diserahkan, kami akan menguji laporan tersebut sebelum menjadi laporan keuangan audited," ujar Ferik Fernanda.

Ia menambahkan sebagian pemeriksaan telah dilakukan uji sewaktu tahap pendahuluan seperti menguji akun belanja, kas, asset dan sebagainya. "Sebagian telah kami periksa di tahap pemeriksaan pendahuluan dan akan berlanjut di tahap ini," ujar Ferik Fernanda yang turut disaksikan Sekretaris Daerah Irwandi, asisten dan kepala OPD terkait.