Bangun Sinergitas, PD IPHI Tanah Datar Temui Bupati

Batusangkar - Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Tanah Datar melakukan silaturahmi dengan Bupati Tanah Datar Eka Putra di Rumah Dinas Komplek Indo Jolito, Batusangkar, Rabu (10/3).

Ketua Umum IPHI Tanah Datar Aulia Rijal mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangkamembangun sinergitas dengan pemerintah daerah serta untuk mensinkronkan kegiatan IPHI dengan program-program pemda.

"IPHI ini resmi berdiri semenjak tahun 1961 di Indonesia oleh sesepuh IPHI dan di Tanah Datar resmi dibentuk semenjak tahun 1987 dan sudah 5 kali mengalami pergantian kepemimpinan," ujarnya.

Disampaikan Aulia Rijal, semenjak tahun 2017 dirinya ditunjuk selaku ketua PD IPHI Tanah Datar, kepengurusan sempat fakum akibat pandemi COVID-19 dan lebih banyak beraktivitas di rumah.

"IPHI ada di 14 kecamatan dan cukup banyak kegiatan dan agenda yang telah dilaksanakan sebelum pandemi COVID-19 seperti wirid pengajian, saat ini kita ingin bersinergi lebih jauh dengan pemerintah daerah untuk mensukseskan program-program yang bisa disinkronkan dengan Pemda Tanah Datar," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyambut baik kepengurusan PD IPHI Tanah Datar dan menyampaikan upaya melibatkan semua elemen untuk percepatan penanganan pandemi COVID-19.

"Saat ini kasus baru terkonfirmasi virus corona di Tanah Datar sudah ada penurunan kita mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, namun kita tidak boleh lengah, himbauan protokol kesehatan 3M masih terus kita laksanakan," ucapnya.

Bupati Eka juga menyebutkan, program 100 hari bekerja seperti, pertama memastikan masyarakat mendapatkan vaksin yang mana dirinya bersama Wakil Bupati Richi Aprian telah selesai divaksin tahap I, kedua menyiapkan tempat isolasi bagi yang terkonfirmasi positif.

Bupati juga meminta peran aktif IPHI Tanah Datar untuk mensosialisasikan gerakan 3M demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kalau IPHI mengadakan kegiatan baik di kecamatan maupun di kabupaten harus sesuai protokol kesehatan dan untuk keamanan dan kenyamanan bisa konfirmasi kegiatan pada Gugus Tugas COVID-19 di kabupaten," ujarnya.