Plt Bupati Muara Enim Hadiri Rakornas PB BNPB 2020

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencanana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PB BNPB) Tahun 2020 di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Kegiatan ini digelar dalam rangka sinergi pemerintah pusat bersama daerah untuk melakukan berbagai persiapan baik secara infrastruktur maupun kesiapan anggaran penanggulangan bencana 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri Rakornas PB BNPB memerintahkan seluruh instansi baik di pusat dan daerah untuk bersinergi melakukan pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

"Saya lihat selama ini cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi," kata Jokowi.

Untuk mendukung sinergisitas itu, Jokowi menegaskan semua pihak harus melakukan pengendalian tata ruang berbasis risiko bencana.

"Pak Sekda koordinasikan ini dengan dinas terkait. Serta sigap sesuai potensi ancamannya. Lihat karakteristik daerah masing-masing," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi memerintahkan gubernur, bupati, dan wali kota segera menyusun rencana kontigensi, penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang betul-betul dapat dilaksanakan semua pihak sehingga dapat menangani bencana secara tuntas.

"Penanganan bencana harus dilakukan dengan pendekatan kolaboratif. Unsur pemerintah, akademisi, peneliti, masyarakat, dan media massa harus dilibatkan. Hal ini sudah dilaksanakan," jelas Jokowi.

Ditegaskannya, pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan sumber saya manusia yang andal, termasuk meningkatkan anggaran penanganan bencana dalam RPJMN 2020-2024.