Pemkab Kubu Raya Terapkan GeNose di Transmart dan GAIA Mall

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan kembali melakukan deteksi COVID-19 dengan pengambilan sampel screening GeNose C19 di Transmart Kubu Raya dan Gaia Bumi Raya City Mall (BRC).

Pengambilan sampel screening GeNose C19 ini merupakan yang kedelapan kalinya dilakukan Dinas Kesehatan Kubu Raya, yang mana sebelumnya pengambilan sampel screening GeNose C19 ini dilakukan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (17/2), Musrenbang kecamatan Sungai Raya, Kamis (18/2), Musrenbang kecamatan Batu Ampar, Senin (22/2) di SDN 14 Sungai Raya, Selasa (23/2) SMPN 1 Sungai Raya, Rabu (24/2) dan SMAN 1 Sungai Raya, Kamis (25/2).

Pantauan di lokasi, tampak petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya bersama management  Transmart Kubu Raya dan Gaia Bumi Raya City Mall menyediakan tempat untuk pengambilan sampel screening GeNose C19 yang ditempatkan di pintu samping Transmart dan tampak pengunjung menunjukan hasil negatif screeningnya melalui print.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Marijan mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 200 kantong sample screening GeNose C19 bagi pekerja dan pengunjung Transmart dan Gaia Bumi Raya City Mall yang melibatkan 15 petugas kesehatan yang ada di Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sungai Raya Dalam.

"Pengambilan sample screening GeNose C19 ini sebagai upaya bagi kita untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 bagi pekerja dan pengunjung di dua pusat berbelanjaan terbesar di Kalbar ini",katanya di sela meninjau pengambilan sample screening GeNose C19 di Transmart Kubu Raya, Sabtu (13/3) siang.

Marijan menuturkan, jika dalam pengembilan simple screening ini ada pekerja atau pengunjung yang positif COVID-19, maka pihaknya akan melakukan isolasi, jika berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) maka akan dilakukan isolasi mandiri dan jika dinilai berat, maka akan diisolasi di rumah isolasi Kubu Raya di Rasau Jaya.

"Setelah di Transmart Kubu Raya dan Gaia Bumi Raya City Mall, Insya Allah pada hari Selasa nanti, kita juga akan mengambil sampel screening GeNose C19 di Pos Lantas dan Perhubungan di simpang empat lampu merah Desa Kapur, dermaga Alambanawanawai (ABW) Sungai Ambawang dan dermaga Rasau Jaya, mengingat dari 128 desa yang ada di Kubu Raya, 112 desa masuk wilayah zona hijau dan 6 desa lainnya masuk zona kuning", ujarnya.

Ditempat yang sama, Marketing Communications Manager Gaia Bumi Raya City Erlangga Alfadillah mengapresiasi dan mensupport langkah dan kebijakan pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah ini dan tentunya pengambilan sampel screening GeNose C19 ini merupakan hal yang positif untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 bagi pengunjung dan pekerja kami di mall ini.

"Tadi ada 7 orang dari management Transmart Kubu Raya dan Gaia Bumi Raya City yang telah diambil sampel GeNose nya dan semuanya sudah bertugas kembali karena ke tujuh orang tersebut telah dinyatakan negatif COVID-19," ucapnya.

Dirinya menyampaikan, pihaknya akan terus mendukung program pemerintah daerah terkait pencegahan dan penyebaran COVID-19 dan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya untuk langkah pencegahan dan penyebaran virus.

Apresiasi dan dukungan serupa juga disampaikan Komisaris Utama Bumi Raya Utama Group, Swandono Adjianto. Menurut Swandono, apa yang dilakukan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan beserta jajarannya ini sangat membantu pihaknya dalam menjaga dan menerapkan protokol kesehatan di mall ini.

“Dengan dibantu seperti ini, tentunya kita tetap komit mendukung program pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19 dengan memperketat protokol kesehatan bagi pengunjung mall ini. Mudah-mudahan kedepannya kita juga akan divaksin biar kita merasa lebih aman dan tenang. Untuk saat ini kami tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, pengambilan sampel screening GeNose C19 ini dilakukan untuk memberikan ketenangan kepada semua masyarakat. Selain ke sekolah-sekolah baik guru maupun siswa, ASN dan semua pelayanan publik, tentunya masyarakat juga perlu di screening dengan GeNose ini dan masyarakat banyak yang belum tahu, sehingga masyarakat bisa tahu, kalau hal ini hanyalah screening dan akan membuat masyarakat lebih nyaman serta tidak perlu ada hal-hal yang menakutkan.

“Dengan screening GeNose C19 ini bisa cepat diketahui hasilnya dan bisa langsung diterima oleh warga yang discreening dengan print, jika hasilnya ada indikasi, barulah dilakukan swab, agar lebih efesien dan efektif. Tujuan kita melakukan screening di Transmart dan Gaia ini supaya secara sampel kita bisa melihat penyebaran COVID-19 dan hal ini juga bagian dari kita untuk membangun sugesti sehat kapada masyarakat dan kepada dua kawasan bisnis terbesar di Kalbar ini," kata Bupati Muda Mahendrawan.

Muda menjelaskan, kegiatan ini bukan suatu razia, justru kegiatan ini masyarakat bersyukur dan terbantu karena bisa mengetahui apakah terjakit atau tidaknya terhadap COVID-19.

“Karena kita semua tidak tahu, apakah kita sudah tertular COVID-19 nya atau tidak meski masih sedikit, tapi kalau masih sedikit sudah diketahui, tentunya kita bisa cepat swab. Tapi jika melalui udara saja tidak ada berarti kita sudah clear dan akan membuat yang lainnya juga akan merasa nyaman, termasuk semua managemen dan semua pekerja yang ada di dua mall ini. Selama ini saya juga sudah bekerjasama dengan owner Transmart dan Gaia BRC agar hal ini bisa membuat tenang bagi masyarakat yang ingin berlibur di mall ini," ujarnya.

Bupati menilai, bagi Pemkab Kubu Raya pengambilan sampel screening GeNose ini sangat berkepentingan sekali, karena hal ini juga akan dilakukan terus di berbagai pusat pelayanan publik, teramsuk juga di center-center perdagangan yang ada.

“Seperti di terminal, dermaga dan tempat-tempat warga yang biasanya berkumpul”, pungkasnya.

Pengambilan Sampel GeNose C19 di Transmart dan Gaia Bumi Raya City Mall ini juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo dan Kepala Satpol PP Kubu Raya Adriansyah.