Bupati Pandeglang dan Jajaran BBWSC3 Tinjau Sungai Cimoyan

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) melakukan peninjauan aliran Sungai Cimoyan, Sabtu (13/3).

Dalam peninjauan tersebut, Pejabat Pembuat Komitmen Irigasi dan Danau BBWSC3 Muhamad Irhan mengatakan peninjauan ini kami lakukan sebagai tindak lanjut usulan dari Bupati Pandeglang dan instruksi Menteri PUPR.

"Setelah meninjau, kita melihat Sungai Cimoyan ini memiliki potensi besar bagi masyarakat Pandeglang," kata Irhan.

Lebih lanjut ia mengatakan, areal sawah yang terbentang luas di kawasan aliran Sungai Cimoyan tentu saja membutuhkan pengairan yang baik, mudah-mudahan debit air Cimoyan ini mampu mencukupi untuk area pesawahan.

“Saat ini kita akan buat desain dulu, artinya Sungai Cimoyan ini harus ada kajian yang layak dari mulai hulu ke hilir, tahun ini kita proses desain dulu, mungkin tahun depan mudah-mudahan bisa proses pelaksanaan pembangunannya,“ ucapnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan Sungai Cimoyan sangat berpotensi dalam kemajuan sektor pertanian, karena aliran Sungai Cimoyan ini mampu mengairi sawah masyarakat yang mencapai 4000 hektar,“ kata Irna.

“Hari ini kami bersama tim BBWSC3 mengecek aliran Sungai Cimoyan, mana saja yang bisa dibangun, sehingga aliran Sungai Cimoyan ini mampu mengairi hamparan sawah yang cukup luas," ujarnya.

Menurut Irna, jika aliran Sungai Cimoyan ini dikelola dengan baik, tentu saja dapat berdampak pada peningkatan sektor pertanian yang lebih maju dan kesejahteraan masyarakat meningkat.