Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Kabupaten Layak Anak 2021

Natuna - Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna menggelar rapat koordinasi Kabupaten Layak Anak bersama jajaran OPD di ruang rapat BP3D Senin (15/3).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Natuna Yuli Ramadanita menyampaikan bahwa KLA adalah daerah yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari program perencanaan sampai ke evaluasi.

Nita menambahkan, untuk menjadi Kabupaten Layak Anak ini ada beberapa indikator yang harus tercapai yaitu bagaimana hak-hak itu harus dipenuhi di antaranya adalah mendapatkan akta kelahiran, mendapatkan kartu identitas, serta mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan lainnya yang berhubungan dengan hak dasar anak, serta terpenuhinya desa layak anak dan kelurahan layak anak.

"Ini semua tidak akan terwujud jika tidak ada komitmen, partisipasi, dan peran aktif para pemangku kepentingan untuk percepatan KLA di Kabupaten Natuna yang telah melakukan inisiasi atau telah mencanangkan pembangunan KLA sejak tahun 2013 lalu," ujarnya.

Nita menambahkan untuk memujudkan Kabupaten Layak Anak di Natuna melibatkan beberapa OPD diantaranya Disdukcapil.

"Mereka menyiapkan data-data tentang hak dasar anak, Dinkes menyiapkan data-data tentang hak dasar anak di bidang kesehatan, Diskominfo menyiapkan informasi layak anak, dan juga Forum Anak itu sendiri karena yang tau hak anak, kebutuhan anak, persoalan anaknya anak itu sendiri, karena di Kabupaten Natuna ada Forum Anak yang di bentuk dari perwakilan-perwakilan anak. Jadi Forum Anak turut andil dalam menyukseskan pembangunan," tegasnya.

Nita berharap dengan Rapat Evaluasi KLA ini akan mewujudkan Natuna sebagai Kabupaten Layak Anak 2021 dan tercapainya semua indikator-indikator tersebut.

Dalam Rapat tersebut turut hadir perwakilan dari beberapa OPD di Kabupaten Natuna diantaranya BP3D, Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Diskominfo, DP3A dan Dinas Perhubungan.